Connect with us

KESEHATAN

Bukan Hanya MITOS, Ini Penjelasan Kenapa Nggak Boleh Mandi saat Berkeringat

bukan-hanya-mitos-ini-penjelasan-kenapa-nggak-boleh-mandi-saat-berkeringat

Detik Akurat – Setiap olahraga melakukan kegiatan apapun yang membuat tubuh berkeringat, rasanya pasti ingin cepat-cepat mandi agar badan lebih segar, tidak bau dan badan tidak terasa lengket.

Namun banyak orang yang melarang orang lain mandi saat berkeringat. Kamu juga pasti pernah mendengar larangan ini. Ada yang mengatakan bahwa mandi ketika masih berkeringat dapat membuat tubuh menjadi meriang dan masuk angin.

Setelah dilakukan beberapa penelitian, ternyata mandi ketika berkeringat memang berbahaya. Dampaknya bukan masuk angin saja, tapi ada hal lain yang tidak kalah bahaya untuk tubuh kamu. Larangan ini bukan hanya larangan yang asal. Sudah ada berbagai penelitian ilmiah untuk menjelaskan hal ini.

Ketika kamu mandi, baik menggunakan air dingin maupun air hangat, tubuh yang masih berkeringat akan terkejut dan kaget. Pori-pori kulit memang bisa kaget ketika awalnya lembab gara-gara keringat lalu mendadak jadi kering dari keringat.

Tidak hany itu saja, masih ada bahaya lain yang mengancam. Mandi ketika tubuh masih berkeringat dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh kamu. Jadi, nikmatin dulu momen berkeringat.

Hal ini justru sebenarnya bagus untuk metabolisme dan kekebalan tubuhmu. Menyiramkan air ke tubuh yang berkeringat sama saja dengan menghalangi produksi keringat baru. Kalau sudah begitu, metabolisme dan kekebalan tubuh sudah pasti menurun.

Bahaya yang terakhir adalah gangguan pembuluh darah. Tubuh kita butuh mengeluarkan panas agar suhu tubuh seimbang. Caranya yaitu dengan berkeringat. Jika kamu memaksakan untuk mandi ketika masih berkeringat, panas badan tidak akan bisa dikeluarkan.

Panas akan tertahan di dalam tubuh. Sebagai dampaknya, suhu tubuh tidak akan bisa normal. Kalau hanya sekali, kamu mungkin belum bisa merasakan dampaknya tapi jika hal ini terus dijadikan kebiasaan lama-lama bisa berakibat pelebaran pembuluh darah.

Jadi mulai sekarang, think again kalau kamu mau mandi saat tubuh masih dalam keadaan berkeringat ūüôā

Detik Akurat

 

Baca Juga : 

Harus Waspada, Ini Penyebab Leher Kaku Yang Jarang Disadari

Perut Buncit! Ternyata Ini Penyebabnya

Efek Samping konsumsi Kopi dalam tubuh

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in KESEHATAN