Connect with us

INSPIRASI

5 Tips Mengubah Rasa Iri Menjadi Motivasi Positif

WWW.DETIKAKURAT.COM – Sebaik-baiknya kita berusaha, pasti ada orang lain yang jauh lebih baik dari kita. Ibarat kata pepatah, masih ada awan di atas awan. Disitulah, rasa iri kadang muncul.Sebenarnya iri merupakan hal yang manusiawi, tapi yang penting adalah cara kita menyikapinya. Iri gak melulu menjadi sesuatu yang negatif. Iri juga bisa kamu ubah menjadi cambuk motivasi, lho.

  1. Melihat lebih dekat kehidupan orang tersebut dan belajar darinya
    Kalau kita sedang iri kepada seseorang karena prestasi atau kelebihannya, kita harus mau melihat lebih dalam mengenai orang tersebut karena yang terlihat sering kali hanya luarnya saja. Ketika orang lain punya prestasi yang dibanggakan, mereka mungkin harus mengorbankan banyak hal dan kita mungkin gak tahu mengenai hal itu.Dengan melihat kehidupan orang tersebut lebih dekat, kita bisa membandingkan diri sendiri dengan orang tersebut dan belajar hal baru dari situ. Tujuannya tentu untuk mengubah dan meningkatkan kualitas diri kita, bukan untuk menjatuhkan kualitas diri orang tersebut.

    Misalnya, kita iri dengan teman kita yang berhasil mendapatkan beasiswa ke luar negeri. Setelah kita cari tahu, ternyata ia selalu berlatih bahasa Inggris setiap malam, sedangkan kita selama ini hanya menghabiskan waktu malam untuk nongkrong. Dari situ, kita mungkin jadi termotivasi untuk mengurangi nongkrong dan lebih giat berlatih bahasa Inggris seperti teman kita itu.

  2. Mengubah Mindset
    Ketika iri, sebenarnya musuh yang sedang kamu hadapi adalah diri sendiri. Rasa iri hadir dari pikiran sendiri karena gak suka ketika orang lain lebih baik dari kita. Karena itu, ini adalah waktu yang tepat untuk mengubah mindset atau pandangan kita terhadap orang tersebut.Kita tentu paham kalau manusia diciptakan sebagai makhluk yang sempurna. Setiap dari kita tentu punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kalau orang lain lebih kece daripada kita di satu bidang tertentu, kita pasti bisa lebih hebat di bidang lain yang jadi expertise kita. Yang perlu kita lakukan hanyalah mengasah kelebihan kita menjadi sebuah prestasi atau bahkan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain.
  3. Mengingat Kembali Tujuan dan Cita-citamuSetiap orang pasti punya tujuan dan cita-cita yang ingin di wujudkan. kalau kamu merasa iri dengan orang lain, coba ingat kembali tujuan ataupun cita-cita yang ingin kamu raih. kalau kamu fokus berjuang untuk meraih apa yang kami cita-citakan, kamu engga akan sempat mencemaskan apa yang di lakukan orang lain, apalagi merasa iri dengan orang lain.
  4. Menghargai Diri SendiriKetika rasa iri menghampiri, coba ubah rasa iri itu dengan melihat berbagai hal yang sudah berhasil kamu dapatkan sekarang. Jangan sampai rasa iri terhadap prestasi orang lain membuat kamu lupa menghargai pencapaianmu sendiri.
  5. Memuji Orang Tersebut
    Walaupun sedang iri dengan prestasi orang lain, jangan pernah merasa ragu untuk memberikan pujian atau sekedar ucapan selamat. Jangan ragu untuk memuji hasil kerja kerasnya. selain membuat dia merasa senang, secara lagsung atau gak langsung kita akan terinspirasi untuk menyamai atau bahkalan mengungguli orang tersebut.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in INSPIRASI