Connect with us

KESEHATAN

Perbedaan Down Sindrom dan Autisme

Detik Akurat – Down sindrom dan autisme kerap kali disalah artikan sebagai suatu hal yang sama.Atau kebanyakan orang yang belum mengetahuinya seringkali terbalik menyebut down sindrom dan autisme.

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut akan dijelaskan mengenai perbedaan dari keduanya.

Down sindrom adalah kondisi genetik yang juga disebut dengan trisomi 21.Di mana seseorang dengan down sindrom mengalami kesalahan pada kromoson nomor 21 pada tubuhnya yang menyebabkan ia memiliki semua atau sebagian salinan ketiga dari kromosom 21.

Down sindrom lebih banyak memengaruhi anak laki-laki daripada perempuan.Anak dengan down sindrom sangat mudah dikenali dari profil wajah dan bentuk fisik lainnya.Seperti punggung datar dan lidah yang menonjol.

Sementara down sindrom adalah kelainan pada kromosom, autisme adalah gangguan otak yang dibawa sejak lahir.Autisme tidak menunjukkan ciri fisik yang signifikan seperti down sindrom.Anak-anak dengan autisme seringkali mengalami kesulitan dalam memelajari bahasa dan keterampilan sosial.Termasuk kesulitan untuk berhubungan dengan orang di sekitarnya.

Ciri lain dari autisme adalah sering menghindari kontak mata dan kurang kooperatif bermain dengan teman sebaya.Mereka juga sering tidak fokus ketika diajak berkomunikasi dan terkesan mengabaikan.

Baik autisme maupun down sindrom tidak bisa disembuhkan, tapi bisa diterapi untuk membantunya berkomunikasi dan meningkatkan kemampuan belajar.

Baca Juga:

WHO: Transgender Bukan Lagi Gangguan Mental
Minum Kopi Bikin Ketiak Gampang Basah?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in KESEHATAN