Connect with us

RELATIONSHIP

5 Cara Menumbuhkan Rasa Saling Percaya pada Pasangan

Detik Akurat – Kamu setuju bahwa kepercayaan wajib ada ketika kita memutuskan berkomitmen dengan seseorang. Semakin tinggi rasa percaya yang mampu kita berikan maupun kita terima dari pasangan, semakin kuat keharmonisan dan kenyamanan dalam hubungan.

Memang benar adanya bahwa kepercayaan itu selalu diuji. Itu sebabnya, setiap konflik yang pecah di antara kalian harus menjadi momen baik untuk meningkatkan rasa percaya satu sama lain. Usaha apa yang bisa kamu lakukan untuk membangun rasa percaya pada pasangan?

1. Singkirkan egoisme masing-masing
Sebelum mengharapkan kepercayaan besar dari pasangan, ada baiknya kamu mengukur ego diri secara jujur. Tanyakan pada dirimu, apakah segala sikap perkataanmu selalu ingin dibenarkan? Apakah kamu siap menerima kritik dari pasangan yang penuh dengan kekurangan? Dan masih ada pertanyaan lain sebagian indikatornya.

Jika pertanyaan-pertanyaan itu bisa kamu jawab dengan jujur dan jawabannya mengarah pada ego yang masih bercokol, maka sebaiknya kamu singkirkan dulu ego tersebut. Terimalah kebenaran secara objektif, meskipun kamu menerimanya dari pasangan yang banyak kekurangan. Toh kamu juga punya, kan?

2. Belajar berterus-terang
Tidak banyak orang yang mampu berterus terang hingga pada hal-hal yang dirasa pahit, memalukan dan buruk. Jika kalian mampu melakukannya, selamat ya! Artinya kalian sudah siap menggelontorkan sekaligus menerima kepercayaan yang besar.

Semakin besar rasa percaya satu sama lain, maka semakin banyak hal yang bisa kita gali dari diri pasangan hingga membuat kita terkaget-kaget. Begitu juga sebaliknya, kita juga akan mampu menceritakan sisi lain yang tersembunyi dengan rapi selama ini. Baik itu hal bagus atau buruk, kita mampu mengatakannya dengan gamblang.

3. Eratkan komunikasi
Kepercayaan tanpa komunikasi yang erat juga berbahaya, loh! Jangan remehkan ucapan yang kesannya tidak penting atau kecil ketika berhubungan dengan pasangan atau keluarga. Sesederhana apapun ucapan pasangan, sama pentingnya dengan pembicaraan yang berat dan serius.

Komunikasi yang erat akan mendorong seseorang terbiasa berbicara terbuka dalam hal sekecil apapun. Hal ini sangat menguntungkan karena bisa memperkecil potensi masalah seperti perselingkuhan.

4. Terbiasa berunding dalam memutuskan segala sesuatu
Komunikasi yang erat akan menimbulkan kenyamanan satu sama lain. Segala keluhan, kekecewaan, keinginan, kebutuhan dan gagasan dapat tersampaikan tanpa batas. Kenyamanan juga akan melahirkan kebiasaan diskusi sehat antara pasangan.

Problem seberat apapun dapat diatasi bersama jika dibicarakan dan disepakati bersama. Saat kita terbiasa menceritakan hal-hal yang sederhana, maka kita pun akan nyaman membicarakan perihal krusial.

5. Tidak sungkan sharing tentang pengalaman maupun dirimu
Menceritakan pengalaman diri akan memunculkan rasa percaya diri di hadapan pasangan. tentu saja poin percaya diri sangat penting dalam kehidupan percintaan. Hal itu banyak berguna dalam karier, pendidikan dan kiprah sosial.

Menceritakan pengalaman buruk maupun baik di masa lalu menjadi langkah tepat untuk menambah alasan kuat bagi kita memberikan kepercayaan pada pasangan. Begitu juga sebaliknya.

Nah, itulah 5 cara yang bisa kamu coba untuk menumbuhkan rasa saling percaya dengan pasangan hidup. Jalani prosesnya dengan sabar dan nikmati hasilnya dengan kebahagiaan.

Baca Juga:

Ini Tanda Kamu Sedang Merasa Kesepian
5 Cara Mengatasi Pasangan Pencemburu & Sensitif

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in RELATIONSHIP