Connect with us

TRAVEL

5 Fakta Tentang Gunung Merbabu

Detik Akurat – Keindahan Gunung Merbabu tidak diragukan lagi. Gunung yang terletak di Jawa Tengah ini adalah salah satu gunung favorit pendaki Indonesia. Terutama di musim kemarau ini, di mana pendaki dapat mengamati pemandangan dari puncak gunung dengan sangat jelas.

Jalur pendakian Merbabu ditutup selama sebulan sejak 20 Mei 2019. Namun jalur pendakian dibuka kembali pada 21 Juni 2019. Sekarang, bagi Anda yang tidak sabar untuk mendaki Gunung Merbabu lagi, mari kita lihat lima fakta berikut yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Terletak di Tiga Kabupaten
Wilayah Gunung Merbabu mencakup tiga kabupaten di Jawa Tengah, yaitu Magelang, Boyolali dan Semarang. Untuk mengakses gunung ini bisa melalui beberapa titik, yaitu Salatiga, Boyolali dan Magelang tergantung rute pendakian yang dipilih.

2. Memiliki Tiga Puncak Utama
Gunung Merbabu memiliki tiga puncak utama, yaitu Puncak Trianggulasi, Puncak Kenteng Songo, dan Puncak Syarif. Dari tiga puncak utama ini Anda dapat melihat gunung-gunung tinggi lainnya di Jawa, seperti Gunung Merapi, Sumbing, Sindoro, Lawu dan Slamet.

3. Ada Lima Jalur Pendakian
Gunung dengan ketinggian 3.145 meter di atas permukaan laut ini memiliki lima jalur pendakian yaitu Kopeng Thekelan, Wekas, Kopeng Cunthel, Swanting dan Selo.

Jalur paling populer itu sendiri adalah jalur Selo, membuatnya lebih ramai daripada jalur lainnya. Salah satu keuntungan dari jalur ini adalah pemandangan sabana yang memanjakan mata, terutama jika musim bunga mekar edelweiss.

Jika Anda ingin mendaki Gunung Merbabu melalui rute Selo, Anda dapat memesan secara online melalui situs web https://www.tngunungmerbabu.org/. Selain mendaftar, Anda juga dapat memeriksa kuota pendaki melalui situs ini. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang cara memesan, Anda dapat merujuk ke video berikut.

4. Pernah Meletus
Gunung Merbabu adalah gunung berapi tipe strato yang tidak lagi aktif. Gunung berapi ini meletus pada 1560 dan 1797. Pada 1570, Gunung Merbabu juga dilaporkan pernah meletus, tetapi belum ada konfirmasi tentang laporan ini.

5. Didefinisikan sebagai Taman Nasional
Gunung Merbabu memiliki empat kawasan hutan yaitu hutan dipterocarp bukit, hutan dipterocarp atas, hutan pegunungan, dan hutan ericaceous atau hutan gunung. Pada tahun 2004, area seluas 57 hektar di Gunung Merbabu dinyatakan sebagai taman nasional berdasarkan Keputusan Menteri Kehutanan Nomor 135/Menhut-II/2004 tanggal 4 Mei 2004.

Baca Juga:

Seputar Gunung Slamet yang Jalur Pendakiannya Tanpa Sumber Air
Punthuk Setumbu, Spot Sunrise Favorit di Magelang

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in TRAVEL