Connect with us

KESEHATAN

Ini Kemungkinan Artinya Jika Kamu Bermimpi Buruk

Detik Akurat – Mimpi merupakan hal yang sangat normal dialami setiap orang saat tidur. Namun kita pasti tidak menginginkan datangnya mimpi buruk bukan? Membuat tidur tidak nyenyak dan bahkan membuat kita merasa takut.

Menurut para ahli, mimpi adalah cerita yang diceritakan otak saat tidur yang merupakan kumpulan klip, gambar, atau perasaan, dan ingatan yang tanpa sadar terjadi selama tahap REM (Rapid Eye Movement) atau tidur dengan gerakan mata cepat.

Seorang analis mimpi dari Florida, Lauri Loewenberg mengatakan bahwa mimpi buruk biasanya berkaitan dengan masalah yang dihadapi seseorang di dalam hidupnya.

“Mimpi buruk berulang kemungkinan disebabkan oleh masalah sulit yang sedang berlangsung dan belum diselesaikan. Atau pola perilaku berulang yang mengarah ke masalah sulit berulang,” katanya.

Lauri memberi permisalan, seseorang yang menjalin hubungan tidak sehat dengan orang lain atau yang disebut toxic biasanya seseorang itu bisa mengalami mimpi buruk yang berulang. Atau seseorang yang selalu menghindar dari setiap masalah daripada menghadapinya cenderung akan mengalami mimpi buruk yang mungkin sama.

Sementara menurut Anthony Freire, ahli kesehatan mental di New York mengatakan bahwa keyakinan negatif tentang diri sendiri juga bisa menumbuhkan mimpi buruk saat tidur. Misal dengan mengatakan “aku tidak berharga” atau “aku tidak cukup baik”, bisa bermanifestasi dalam mimpi.

“Dan semakin kita berpegang pada keyakinan negatif tentang diri, semakin menakutkan mimpi kita,” imbuhnya.

Selain itu, penyebab umum dari mimpi buruk adalah trauma. Mimpinya cenderung berkaitan dengan peristiwa traumatis yang pernah terjadi dalam hidupnya.

Baca Juga:

Ini 14 Jenis Penyakit Mental yang Harus Diketahui
Diet Rendah Karbohidrat Bisa Berbahaya Buat Tubuh

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in KESEHATAN