Connect with us

KESEHATAN

5 Manfaat Konsumsi Pepaya Muda

Detik Akurat – Pepaya telah lama dipercaya memiliki manfaat baik bagi tubuh. Manfaat pepaya yang paling populer ialah untuk menyehatkan pencernaan. Walau manfaat tersebut ditemukan dalam pepaya yang sudah matang, namun pepaya muda juga tak kalah bermanfaat.

Pepaya muda kerap ditemukan dalam masakan matang, salad sayur, jus, maupun rujak. Di Indonesia, konsumsi pepaya muda diyakini dapat memperbanyak produksi air susu ibu (ASI). Namun, pepaya muda juga memiliki banyak manfaat lainnya.

Berikut sejumlah manfaat sehat konsumsi pepaya muda.

1. Baik untuk pencernaan
Pepaya muda mengandung lebih banyak enzim papain daripada pepaya matang. Enzim satu ini berguna untuk proses pencernaan. Selain enzim papain, proses pencernaan terbantu dengan fitonutrien dan serat pada pepaya muda.

Anda bisa mengonsumsi pepaya muda untuk membersihkan pencernaan secara alami. Kandungan nutrisi pepaya muda membantu membersihkan ‘sampah’ yang menumpuk dan mengganggu saluran pencernaan. Agar manfaat terasa, konsumsi pepaya muda segar dengan cara dijadikan jus.

2. Kaya kandungan karotenoid
Melansir dari laman Herbal Papaya, sebuah studi yang dipublikasi di The British Journal of Nutrition menyebut pepaya muda mengandung karotenoid lebih banyak ketimbang tomat dan wortel. Bahkan karotenoid pada pepaya muda lebih mudah digunakan tubuh saat dikomparasi dengan jenis buah lain.

Karotenoid adalah senyawa kimia yang memberikan warna alami pada buah dan sayur. Keluarga antioksidan satu ini bisa melindungi tubuh dari berbagai risiko penyakit dan meningkatkan kekebalan tubuh. Karotenoid ada banyak jenis tetapi yang paling umum ialah beta karoten, lutein, alfa karoten dan likopen.

3. Atasi masalah kulit
Punya masalah kulit seperti iritasi dan jerawat, manfaatkan saja pepaya muda. Pepaya muda mengandung banyak serat sehingga bisa membantu proses detoks alami dengan cara membersihkan tubuh dari berbagai macam racun. Serat ini pula yang bisa membantu tubuh membersihkan bekas jerawat dan masalah pigmentasi.

Pepaya muda mampu lembutkan sel kulit mati sehingga mudah terlepas. Agar serat pepaya tidak terbuang, konsumsi pepaya muda dengan cara dipotong-potong lalu nikmati dengan saus salad agar terasa nikmat.

4. Jaga keseimbangan cairan tubuh
Pepaya muda banyak mengandung potasium. Potasium adalah salah satu komponen elektrolit terbesar dalam darah selain sodium dan klorida. Asupan potasium yang cukup bisa menjaga keseimbangan cairan tubuh dan aktivitas listrik di organ jantung dan otot lain.

5. Pompa produksi ASI
Ibu menyusui biasanya memanfaatkan almond atau daun katuk untuk membantu memompa produksi ASI. Kali ini, pepaya muda bisa turut andil melengkapi almond dan daun katuk. Sisipkan pepaya muda pada sup atau sayur demi menambah produksi ASI.

Pepaya, baik yang muda atau matang, dipercaya bisa membantu meningkatkan produksi ASI karena mengandung vitamin A,C, asam folat, kalsium serta enzim papain yang turut mempengaruhi produksi ASI.

Baca Juga:

6 Gejala Sakit Perut yang Tak Bisa Dianggap Sepele
Kebiasaan yang Dapat Membahayakan Otak

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in KESEHATAN