Connect with us

NEWS

Surya Paloh Berpendapat Jaksa Agung Independen

surya-paloh

Detik Akurat – Ada masalah, partai koalisi yang mendukung Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengeluhkan tindakan Jaksa Agung HM Prasetyo tentang penanganan pemilihan kepala daerah. Seperti diketahui, Prasetyo dulu berasal dari Partai NasDem.

Ketua Partai Nasdem Surya Paloh tidak mendengar masalah ini. Jika itu benar, itu akan memalukan. Tetapi kebenarannya tidak jelas. Dia memilih untuk tidak mengabaikan masalah ini.

“Aku bahkan tidak mendengar. Itu, memalukan jika itu terjadi. Tetapi jika itu tidak terjadi dan sesuatu yang sengaja dibuat dan dikabarkan, apa sikap kita? Membenarkan atau mengembangkannya? Kurasa kita harus mengembangkan itu, “kata Paloh dalam wawancara televisi CNN Indonesia disiarkan pada Selasa (30/7/2019).

Paloh menjelaskan bahwa Prasetyo telah mundur dari Partai NasDem segera setelah ia menjadi Jaksa Agung. Ini untuk melindungi agar tidak ada konflik kepentingan.

“Dia tidak berada di bawah bayang-bayang partai ini. Dia adalah jaksa agung yang independen, duduk dan tunduk sebagai pembantu presiden,” kata Paloh.

Untuk posisi Jaksa Agung selanjutnya, Paloh menyerahkan kepada Jokowi sebagai kepala negara dan pemerintahan. Jokowi memiliki hak prerogatif. Namun Paloh tidak setuju dengan dikotomi partai politik dan partai non-politik untuk mengisi posisi tersebut. Di masa lalu, Baharuddin Lopa adalah Jaksa Agung yang juga berasal dari partai politik (PPP), yang berarti bahwa Jaksa Agung partai politik bukanlah hal baru bagi Indonesia.

“Saya sebenarnya relatif bersyukur, alumni NasDem ini, seorang HM Prasetyo, dapat melanjutkan kepemimpinannya ke tahap seperti itu,” kata Paloh.

Team Detik Akurat 

Baca Juga

Billy Syahputra Lamar Elvia Cerolline di Acara Pagi-Pagi Pasti Happy

Quartararo Gantikan Rossi di Yamaha Musim Depan?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in NEWS