Connect with us

NASIONAL

Sudah Waktunya Revitalisasi Danau Toba

pesona-danau-toba

Detik Akurat – Kepala Sungai, Danau, Embung Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR Naswardi mengatakan, dalam mengembangkan potensi 15 danau prioritas di Indonesia sebagai tujuan wisata, Kementerian PUPR telah melakukan tindakan untuk merevitalisasi 10 danau. Diantaranya adalah Danau Toba, Maninjau, Kerinci, Jampang, Rawa Pening, Limboto, Tondano, Tempe, Poso, dan Sentani.

Naswardi mengatakan, untuk Danau Toba, saat ini pihaknya sedang melakukan pelebaran saluran antara Pulau Sumatra dan Pulau Samosir yang telah berukuran 25 meter hingga lebih dari 70 meter. Dengan begitu, nantinya akan memungkinkan kapal-kapal besar masuk di sekitar Pulau Samosir sebagai objek wisata.

“Kami telah melakukannya di Danau Toba, memperluas saluran Tano Ponggol,” kata Naswardi saat diskusi di daerah Cawang, Jakarta Timur, Rabu, 17 Juli 2019

Nanti tahun depan, Kementerian PUPR juga akan memperluas jembatan Tano Ponggol. Jembatan akan mengikuti pelebaran jalur yang ditetapkan di Tano Ponggol, atau akan membentang sekitar 80 meter.

Saat ini, dalam merevitalisasi Danau Toba sebagai objek wisata potensial, ada beberapa kendala yang ditemui. Beberapa di antaranya adalah Jaring Apung, dan juga sedimentasi tinggi.

Selain itu, jumlah sampah yang dibuang ke danau juga menjadi masalah yang mempengaruhi kualitas air di Danau Toba. Menurut Naswardi, hal-hal seperti ini perlu sinergi antar lembaga dalam menanganinya.

“Kami berharap ada aturan bahwa danau itu bukan tempat untuk membuang segalanya.
artinya sumbernya adalah jaring apung, kemudian limbah domestik, limbah rumah tangga, kemudian sedimentasi yang mempercepat kualitas air dan pendangkalan di Danau Toba. kita harus mengaturnya agar sampah tidak langsung ke danau, “katanya.

Team Detik Akurat

Baca Juga

Perdagangan Monopoli Amazon diselidiki UNI EROPA

INKA Bangun Pabrik Baru di Banyuwangi

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in NASIONAL