Connect with us

KESEHATAN

Cabut Bulu Hidung, Bahayakah?

Detik Akurat – Beberapa bagian tubuh kita memang dipenuhi dengan bulu dan salah satu cara untuk mengeyahkannya yakni dicabut menggunakan pinset. Mungkin kalau di area ketiak tak akan jadi persoalan besar tapi tidak halnya ketika melakukan hal tersebut pada hidung.

Julie Russak, MD mengatakan bulu hidung atau cilia adalah bagian tubuh yang bisa memberikan perlindungan ke paru-paru dengan cara menyaring debu-debu dan kotoran yang bisa saja masuk ke dalam tubuh.

“Bulu hidung tidak hanya membantu untuk menyaring udara yang masuk tapi juga menjebak kotoran agar tidak masuk dan mengacaukan aliran darah,” tuturnya.

Karena alasan tersebutlah kamu tidak boleh mencabut bulu hidung sembarangan. Tidak memiliki bulu hidung berpotensi besar mengalami infeksi yang berbahaya.

“Mencabut bulu hidung akan membuat rongga hidung dan sinus benar-benar rentan terhadap apa pun yang masuk yang membuatmu rentan pada alergi, sinus, dan gangguan pernapasan,” sebutnya.

Disamping itu, mencabut bulu hidung bahkan bisa berdampak buruk bagi otak. Hal ini disebabkan mencabut bulu hidung akan merusak kulit dan memberikan kesempatan pada infeksi yang bisa saja masuk ke pangkal otak.

“Darah dari hidung, tepatnya dari daerah segitiga wajah, mengalir ke belakang menuju otak di mana ia bergabung dengan pembuluh darah lainnya,” katanya.

“Jika infeksi hidung menyebar ke hilir dan memblokir titik persimpangan atau yang dikenal sebagai tromboflebitis intrakranial, kamu akan mengalami masalah besar bahkan beberapa dokter menyebutnya ‘segitiga kematian’,” sambungnya.

Baca Juga:

Benarkah Nasi Putih Bikin Diabetes dan Bikin Gemuk?
Hobi Nyinyir Bisa Menandakan Risiko Demensia

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in KESEHATAN