Connect with us

KESEHATAN

Benarkah Nasi Putih Bikin Diabetes dan Bikin Gemuk?

Detik Akurat – Anda suka makan nasi putih banyak-banyak? Kenali lebih dalam tentang nasi putih.

Saat ini, orang-orang kerap mengurangi makan nasi putih. Padahal makan nasi putih sangat enak. Apalagi kalau dimakan hangat-hangat dengan ikan asin dan sambal.

Bahkan ada yang mengganti nasi putih dengan nasi merah atau nasi hitam. Nasi merah dan nasi hitam banyak mengandung serat, sehingga kamu akan kenyang lebih lama jika mengonsumsinya.

Sedangkan nasi putih, secangkir yang sudah dimasak sebanyak 158 gram mengandung air 108,14 gram, protein 4,25 gram, lemak 0,44 gram, serat 0,6 gram, mineral 162,67 mg, dan vitamin 2,911 mg. Nah, kalori yang terkandung dalam nasi putih yakni 205 kkal.

Untuk kandungan gula, nasi putih mengandung 0,08 gram. Mengonsumsi nasi putih berlebihan berpotensi menyebabkan diabetes. Hal ini karena nasi putih mengandung zat pati dan bisa membebani tubuh dengan gula darah. Karena itulah dapat meningkatkan risiko terkena diabetes.

Lalu bagaimana mitos tentang nasi putih bikin gemuk? Nasi putih mengandung karbohidrat 44,51 gram. Jadi kalau kamu makan terlalu banyak, makan kandungan karbohidrat di tubuh akan banyak. Kalau ingin menurunkan berat badan, batasi porsi nasi saat makan. Termasuk sumber karbohidrat lainnya yang mempunyai kalori tinggi.

Kalau kamu ingin menurunkan berat badan, batasi porsi nasi putih. Selain nasi putih, sumber karbohidrat lain seperti roti, ubi, dan singkong, yang mempunyai kalori tinggi juga harus dikurangi. Namun jangan tidak makan sama sekali nasi putih. Tubuh memerlukan karbohidrat untuk menunjang aktivitasmu. Kombinasikan makan nasi putih, lauk, dan sayur-sayuran. Perbanyak sayur-sayuran karena mengandung kalori rendah.

Baca Juga:

5 Cara Mudah Hilangkan Lemak Perut
Cara Cegah dan Tangani HIV AIDS

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in KESEHATAN