Connect with us

KESEHATAN

Penyebab, Gejala, dan Cara Mengobati Skizofrenia

Detik Akurat – Skizofrenia terjadi pada siapa saja, khususnya bagi yang memiliki faktor risiko. Namun, apa sih skizofrenia itu? Yuk simak!

Skizofrenia merupakan gangguan kejiwaan yang menyebabkan perubahan pola pikir seseorang. Biasanya, seseorang dengan penyakit ini sulit membedakan mana kenyataan dan mana yang bukan.

Sebab, orang dengan skizofrenia biasanya mengalami halusinasi, kekacauan perilaku hingga pola pikir. Akibatnya, ia sering melakukan tindakan di luar kewajaran.

Berikut fakta-fakta soal skizofrenia:

1. Penyebab

Ada beberapa hal yang bisa membuat seseorang mengidap skizofrenia. Pertama karena terdapat gangguan pada otak. Biasanya gangguan tersebut diakibatkan ketidakseimbangan zat kimia.

Kemudian, penyebab lainnya dikarenakan faktor genetik hingga trauma. Pasalnya, bila seseorang memiliki saudara kandung mengidap skizofrenia maka risiko meningkat menjadi 10%, sedangkan bila terjadi pada pamannya maka risiko hanya 6%.

2. Gejala

Gejala skizofrenia biasa ditandai dengan perilaku paranoid, yakni berpikir hingga berperilaku aneh. Biasanya, penderita akan mendengar suara yang sebenarnya tidak ada.

Ia juga terkadang merasa gelisah dan stres tanpa penyebab.

Sementara itu, ada beberapa tes untuk mendiagnosis penyakit ini. Biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan fisik, darah, gambar, hingga evaluasi kejiwaan.

3. Cara Mengobati

Hingga saat ini skizofrenia belum dapat disembuhkan secara total. Namun, berdasarkan penelitian ada beberapa obat hingga makanan yang bisa mengurangi gejala kekambuhan dari skizofrenia.

Biasanya, untuk obat dokter akan memberikan obat antipsikotik guna mengendalikan gejala karena bisa memengaruhi zat-zat dalam otak agar seimbang.

Sedangkan, penyembuhan skizofrenia tanpa obat bisa dilakukan dengan mengonsumsi brokoli. Sebab, brokoli mengandung senyawa yang bisa menyesuaikan ketidakseimbangan kimia di dalam otak.

Baca Juga:

13 Makanan Penambah Darah untuk Kesehatan Ibu Hamil
Merokok, Obesitas, dan Sederet Alasan Kualitas Sperma Menurun

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in KESEHATAN