Connect with us

TEKNOLOGI

Fitur Baru WhatsApp yang Mengkhawatirkan

whatsapp-normal-tetap-lawan-hoax-provokasi

Detik Akurat – WhatsApp benar-benar salah satu andalan Facebook mengingat statusnya sebagai layanan pesan paling populer. Banyak fitur WhatsApp baru tertanam, ada yang berguna, namun ada pula yang dicemaskan beberapa pihak.

Berikut adalah dua fitur baru WhatsApp yang dianggap cukup mengkhawatirkan.

1. Dompet Digital Calibra

Belum lama ini, Facebook mengumumkan mata uang digital yang disebut Libra, yang rencananya akan berfungsi mulai tahun 2020. Ketika Libra dirilis, pengguna dapat mengunduh Calibra, dompet digital yang memungkinkan pengguna mengirimkannya kepada siapa pun yang memiliki smartphone. Ya, salah satunya akan tersedia di WhatsApp.

Di satu sisi, hal itu memiliki potensi untuk mempopulerkan Libra dan membuatnya lebih mudah bagi pengguna untuk mengingat bahwa WhatsApp diandalkan oleh banyak orang. Tetapi di sisi lain, fitur WhatsApp semakin besar dan ada kekhawatiran bahwa WhatsApp akan lebih dipantau oleh Facebook untuk mengetahui pola pembelian pengguna atau bahkan berapa banyak mereka menghabiskan uang mereka.

Terutama soal privasi, Facebook tidak terlalu dipercaya setelah skandal Cambridge Analytica muncul.

“Jika Anda khawatir bahwa Facebook tahu terlalu banyak atau memiliki terlalu banyak akses ke data pribadi, Libra akan memberikan Facebook lebih banyak akses langsung ke informasi keuangan Anda,” klaim Phil Chen, pakar cryptocurrency.

“Bukan cuma akses pada informasi transaksi, tapi akses langsung pada kekayaan Anda. Libra adalah bentuk pengintaian paling invasif dan berbahaya yang mereka desain sejauh ini,” tandasnya

2. Kirim Pesan Lintas Platform

Saat ini, Facebook sedang mengerjakan proyek besar untuk mengintegrasikan WhatsApp, Instagram, dan Messenger. Tujuannya adalah untuk membuat pengguna lebih nyaman dalam ekosistem Facebook. Salah satu fungsinya adalah bahwa pengguna dapat mengirim pesan satu sama lain di seluruh platform ini.

WhatsApp sudah memiliki fitur enkripsi end to end sementara Messenger hanya mendukung dalam mode khusus. Sedangkan untuk Instagram, tidak ada fasilitas enkripsi sama sekali. Nah, eksekusi encoding dari ujung ke ujung lintas platform bukanlah hal yang mudah.

Kabarnya, baik WhatsApp, Instagram dan Facebook Messenger akan tetap menjadi aplikasi yang terpisah tetapi dapat saling mengirim pesan. Ini dilakukan dengan menyatukan infrastruktur teknis dasar mereka dan dilaporkan melibatkan ribuan orang.

Dengan kesulitan ini, ada potensi untuk teknologi enkripsi ujung ke ujung di WhatsApp menjadi lebih lemah dari sebelumnya, yang berarti bahwa keamanan bahkan lebih rentan. Brian Acton, pendiri WhatsApp, telah menyatakan pesimisme.

“Saat ini, Facebook sedang mencoba untuk menggabungkan pengalaman produk. Ini adalah kerja keras dan akan sulit untuk berhasil,” kata Acton

Baca Juga:

Mi CC9 Meitu Edition, Si Cantik Gahar
Ribuan PC Disita di Iran Karena Bitcoin

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in TEKNOLOGI