Connect with us

TRAVEL

Masjid Muhammad Cheng Ho Akan Dibangun di Bagansiapiapi

Detik Akurat – Kota Bagansiapiapi, ibukota Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), akan membangun Masjid Muhammad Cheng Ho. Pembangunan masjid ini disumbangkan oleh komunitas Muslim Cina.

Bangunan lempengan batu pertama Masjid Cheng Ho dilakukan di food court di Kota Bagan oleh Gubernur Riau, Syamsuar disertai oleh Bupati Rohil, Suyatno.

“Pembangunan Masjid Muhammad Cheng Ho ini tentunya membanggakan masyarakat Rohil juga seluruh masyarakat Riau. Semoga ini membawa berkah kita semua,” kata Gubernur Riau, Syamsuar, Rabu (19/6/2019)

Peletakan batu pertama dilakukan sebelum penerapan tradisi pembakaran tongkang di Bagan. Dengan pembangunan sebuah masjid yang akan dibangun dengan gaya arsitektur khas Cina, itu menjadi yang pertama di Riau.

“Kita ucapan terima kasih atas sumbangan pembangunan Masjid Muhammad Cheng Ho ini. Ini akan menjadi masjid pertama Cheng Ho di Riau,” kata Syamsuar.

Sementara itu, Bupati Rohil, Suyatno menjelaskan, rencana pembangunan Masjid Cheng Ho akan menelan biaya sekitar Rp8 miliar hingga Rp10 miliar di atas lahan 2 hektare.

Dalam perkembangan ini, kata Suyatno, Masjid Muhammad Cheng Ho akan dilengkapi dengan menara setinggi 25 meter. Ini juga akan dilengkapi dengan taman pendidikan Alquran dan perpustakaan.

“Dana pembangunan Masjid Muhammad Cheng Ho merupakan sumbangan dari warga Tionghoa asal Bagansiapiapi yang telah mualaf. Mereka saat ini berada di Jakarta. Ada sekitar 200 orang warga Tionghoa yang telah muslim,” kata Suyatno.

DETIK AKURAT

Baca Juga:

Fashion Karnaval Membuka Festival Bakar Tongkang 2019
3 Anak Bison yang Menggemaskan di Pasuruan

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in TRAVEL