Connect with us

TRAVEL

Fashion Karnaval Membuka Festival Bakar Tongkang 2019

Detik Akurat – Festival Bakar Tongkang sekali lagi memeriahkan pariwisata Bagansiapiapi. Festival ini secara resmi dibuka oleh Bupati Rohan Hilir (Rohil) Suyatno, Senin (17/6/2019). Acara pariwisata nasional tersebut dimulai dengan Fashion Karnaval.

Ratusan peserta dengan berbagai kostum menarik, membuat jalan utama di Bagansiapiapi semakin berwarna. Ratusan kostum dibawakan dengan apik oleh para peserta. Konsep yang ditampilkan adalah perpaduan berbagai budaya. Mulai dari budaya Melayu, Tionghoa, hingga budaya Jawa.

“Semoga festival ini tambah sukses dibanding tahun sebelumnya. Sukses berarti berjalan dengan lancar, aman dan tak ada halangan yang berarti. Juga sukses dikunjungi wisatawan nusantara maupun mancanegara,” papar Suyatno dalam keterangannya, Selasa (18/6/2019).

Tidak hanya karnaval, parade ini juga menunjukkan kesiapan Bagansiapiapi untuk menyambut Festival Tongkang Bakar 2019. Berbagai sudut kota dipercantik dengan berbagai ornamen indah. Di salah satu sudut bahkan ratusan payung gantung yang indah memperindah suasana. Ini membuat Kota Bagansiapiapi semakin instagramable.

“Pada kesempatan ini kami ucapkan terima kasih kepada Dinas Pariwisata Provinsi Riau dan Kementrian Pariwisata, yang selalu giat mempromosikan festival Bakar Tongkang sehingga dikenal dunia,” ujarnya.

Festival Bakar Tongkang tahun ini, selain menghadirkan Fashion Karnaval, juga mengadakan berbagai kegiatan atraksi dari berbagai budaya. Dari awal pameran foto Bagansiapiapi di masa lalu, Bagansiapiapi Heritage, dan tur ke pulau Jemur.

Pada puncak acara ritual Bakar Tongkang pada Sabtu (30/6/2018), diperkirakan puluhan ribu wisatawan domestik dan asing akan membanjiri Festival ini.

“Tahun ini tercatat 75.000 wisatawan datang menyaksikan prosesi Bakartongkang. Ini merupakan pencapaian yang luar biasa. Ke depan kita akan menghadirkan lebih banyak lagi konsep untuk meramaikan event ini,” ujar Kadis Pariwisata Provinsi Riau, Fahmizal Usman.

Secara terpisah, Deputi Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Rizki Handayani menyambut konsep yang semakin beragam yang ditawarkan oleh Festival Bakar Tongkang. Apalagi festival ini adalah salah satu festival budaya terbaik di Indonesia. Terbukti, setiap tahun selalu mampu menyedot ribuan wisatawan.

“Nama Festival Bakar Tongkang ini sudah mendunia. Tahun lalu panitia mencatat jumlah pengunjung Festival Bakar Tongkang hingga 69 ribu orang. Dari jumlah tersebut, 40 ribu merupakan wisatawan nusantara. Sementara sisanya yakni 29 ribu adalah wisatawan mancanegara. Kemenpar akan terus mendorong festival ini menjadi lebih berbobot lagi,” ucapnya.

Ketua Pelaksana Top 100 Calender of Event (CoE) Wonderful Indonesia Kementerian Pariwisata Esthy Reko Astuty juga sangat antusias menyambut prosesi Bakar Tongkang. Apalagi Bakar Tongkang telah terbukti menjadi salah satu daya tarik utama pariwisata Indonesia.

“Semangat saya selalu berlipat jika berbicara mengenai Bakar Tongkang. Sebagai salah satu atraksi pariwisata, event ini selalu sukses dalam setiap penyelenggaraannya. Selalu sukses menyedot wisatawan datang. Makanya saya setiap tahun selalu hadir disana, sangat luar biasa,” ujar Esty.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya pun senada. Sebagai objek wisata, acara Pembakaran Tongkang semakin luar biasa. Konsep pendukung selalu diperbarui dengan penambahan atraksi menarik.

Menurut Arief, nama besar Festival Bakar Tongkang harus menjadi pemicu pengembangan pariwisata Rokan Hilir.

“Pengembangan pariwisata daerah membutuhkan 3A (atraksi, amenitas, akses) untuk dapat mengoptimalkan semua. Terdapat beberapa hal yang mampu dijadikan potensi untuk ditingkatkan dari sektor pariwisata Rokan Hilir, yaitu bidang budaya, kuliner dan juga daya tarik alam. Trigger-nya sudah ada tinggal terus dikembangkan,” terang Arief.

DETIK AKURAT

Baca Juga:

3 Anak Bison yang Menggemaskan di Pasuruan
Kisah Nama Bukit Tiga Rasa di Gelangsar Lombok

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in TRAVEL