Connect with us

KESEHATAN

Makanan Terbaik untuk Pemulihan Tubuh Setelah Kemoterapi Bagi Pasien Kanker

Detik Akurat – Pasien kanker yang menjalani proses kemoterapi tentu masih ingin terlihat bugar dan nyaman. Tentunya apa yang mereka konsumsi saat itu dapat memperlancar prosesnya.

“Perawatan dengan kemoterapi dan radiasi menempatkan beban mereka sendiri pada sistem nutrisi selain kanker itu sendiri,” kata pakar nutrisi Charlie Pieterick, RN, MS, ARNP dari Fred Hutchinson Cancer Research Center, Seattle dikutip dari WebMD.

Karena itu, para ahli merekomendasikan mengonsumsi makanan tertentu untuk memulihkan tubuh setelah kemoterapi. Berikut ini diantaranya dikutip dari berbagai sumber.

1. Wortel

Wortel adalah salah satu makanan yang paling direkomendasikan untuk pasien kanker. Kandungan dalam wortel diyakini membuat kemoterapi lebih efektif dengan mekanisme tertentu.

2. Pisang

Makanan seperti nasi, pisang, apel matang, dan roti kering akan membantu mengikat feses jika Anda mengalami diare karena kemoterapi. Hindari makanan berlemak, buah-buahan mentah, dan produk gandum, yang dapat memperburuk diare.

3. Perbanyak air dan konsumsi kacang-kacangan

Di sisi lain, jika Anda mengalami sembelit, minum banyak cairan dan makan makanan tinggi serat tidak larut, seperti roti gandum atau sereal, buah-buahan kering, dan kacang-kacangan atau kacang polong kering, akan membantu sistem pencernaan Anda. National Cancer Institute (NCI) merekomendasikan minum delapan hingga 12 gelas cairan sehari bagi mereka yang menjalani perawatan kanker.

4. Permen jahe

Setelah kemoterapi, pasien biasanya akan mengalami mual berlebihan. Permen jahe dan setetes lemon akan membuatnya lebih baik dan meredakan mual dan baik untuk perut Anda.

5. Jus jeruk

Minum jus jeruk akan menghilangkan kekeringan di mulut setelah kemoterapi. Menurut NCI, minum cairan seperti limun dan jus jeruk akan membantu Anda menghasilkan lebih banyak air liur karena kelembutannya merangsang kelenjar air liur. Namun, jangan makan atau minum makanan ini jika perawatannya membuat Anda sakit mulut atau tenggorokan, karena mereka akan memperburuk gejala Anda.

6. Bawang putih

Bawang putih memiliki antioksidan tinggi yang terbukti merangsang pertahanan alami sistem kekebalan tubuh melawan kanker. Faktanya, peneliti Cornell menemukan bahwa bawang terasa kuat dan bahkan bisa menghambat pertumbuhan beberapa sel kanker. Dapat dikonsumsi langsung atau dipanggang terlebih dahulu.

DETIK AKURAT

Baca Juga:

Hati-hati Ini Risikonya Bayi Dapat MPASI di Bawah Usia 6 Bulan
Langkah Pertolongan Pertama pada Serangan Jantung

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in KESEHATAN