Connect with us

KESEHATAN

Hati-hati Ini Risikonya Bayi Dapat MPASI di Bawah Usia 6 Bulan

Detik Akurat – Orangtua sekarang mungkin harus waspada jika anak terlihat sudah mau makan pada usia kurang dari 6 bulan. Idealnya, ASI adalah satu-satunya asupan pada usia itu dengan kondisi pencernaan dan daya tahan yang belum sepenuhnya terbentuk.

“Makanan Pendamping ASI (MP ASI) baru bisa diberikan setelah anak berusia lebih dari 6 bulan. Sebelumnya, anak mendapat ASI eksklusif untuk menyiapkan saluran cernanya terlebih dulu. Jika diberi MP ASI sebelum usia 6 bulan, anak berisiko mengalami inflamasi usus yang nantinya mengganggu penyerapan nutrisi,” kata ahli gizi Syarief Darmawan dalam promosi doktor di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Senin (17/6/2019).

Syarief menjelaskan, gangguan penyerapan nutrisi akan mempengaruhi pertumbuhan anak yang bisa dilihat dari ketinggian yang tidak bertambah. Tinggi badan adalah parameter pertumbuhan yang paling mudah dikenali oleh orang tua. Tinggi badan yang tidak bertambah atau cenderung menurun, menunjukkan kecerdasan, motorik, atau fungsi tubuh lainnya yang berisiko mengalami gangguan selama pertumbuhan.

Senada dengan Syarief, dokter anak Prof. Rini Sekartini juga mengingatkan orang tua untuk tidak terburu-buru memberikan MP ASI. Memberi MP ASI, yang kaya akan tekstur sebelum usia 6 bulan beresiko menyumbat usus yang belum bisa dicerna dengan baik. Akibatnya, anak-anak mengalami disfungsi pencernaan pada usia 6 bulan.

“Jika sudah terjadi gangguan maka fungsi saluran cerna tidak lagi optimal. Karena itu, anak harus mendapat ASI eksklusif hingga pencernaannya sudah lebih siap. Pemberian MP ASI juga bertahap ya mulai dari tepung beras atau yang kental namun halus, baru kemudian yang lebih kaya tekstur,” kata Prof Rini.

Baca Juga:

Akhir 2019, Makanan Mengandung Ganja Dijual Di Kanada
Sulit Mencapai ‘Puncak’ Saat Seks?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in KESEHATAN