Connect with us

TRAVEL

Jepara Gaet 100 Ribu Wisatawan Sejak Lebaran

Detik Akurat – Tradisi Pesta Lomban di Kabupaten Jepara adalah magnet wisata pantai. Tahun ini bahkan jumlah wisatawan mencapai sekitar 100 ribu lebih.

Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jepara, Zamroni Lestiaza, mengatakan bahwa lonjakan wisatawan yang datang ke sejumlah objek wisata pantai terjadi sejak seminggu yang lalu.

Hingga saat ini, jumlah totalnya melebihi 100 ribu wisatawan. Antara lain, Pantai Benteng Portugis adalah 15 ribu wisatawan, Pantai Kartini adalah 30 hingga 40 ribu wisatawan, dan Pantai Bandengan mencapai 50 ribu wisatawan.

“Jadi total lebih 100 ribu wisatawan yang datang ke sejumlah obyek wisata pantai di Jepara. Lonjakan terjadi sejak sepekan lalu,” ujarnya, Rabu (12/6/2019)

Peningkatan wisatawan tersebut salah satunya karena adanya tradisi Pesta Lomban.

“Tradisi Pesta Lomban ini memang menjadi daya tarik bagi wisatawan. Tradisi ini dilaksanakan tiap tahun sepekan setalah Idul Fitri,” paparnya.

Pesta Lomban adalah tradisi pelarungan kepala kerbau di tengah laut. Dibuka dengan kirab kerbau, pertunjukan wayang kulit hingga dipungkasi dengan grebeg kupat lepet.

“Prosesi dimulai sejak 11 Juni, dari kirab kerbau, wayangan, dan pelarungan dengan rute TPI Ujungbatu berakhir di Pantai Kartini dengan grebeg kupat lepet,” imbuhnya.

Plt Bupati Jepara, Dian Kristiandi menambahkan Pesta Lomban merupakan tradisi masyarakat nelayan yang kemudian menjadi destinasi wisata.

“Ini bentuk ungkapan rasa syukur nelayan yang mendapat berkah laut dari Tuhan. Prosesi ini kemudian menjadi destinasi wisata di Jepara,” tandas dia.

Baca Juga:

Mengungkap Mitos Larangan Pakai Baju Warna Hijau di Pantai Selatan
‘Penguin’ Sampai ‘Moana’ Hibur Pengunjung di Trans Snow World Juanda

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in TRAVEL