Connect with us

NEWS

Gunung Sinabung Erupsi dan Keluarkan Awan Panas

Detik Akurat – Kabupaten Karo – Gunung Sinabung di Sumatera Utara meletus sore ini. Ada luncuran awan panas ke arah tenggara dan selatan. Komunitas diminta waspada.

Informasi ini disampaikan oleh Kementerian ESDM Badan Geologi, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) dalam keterangan resminya, Minggu (9/6/2019). Informasi ini didasarkan pada data dari Pos Pengamatan Gunung Api Sinabung.

Letusan Gunung Sinabung terjadi pada pukul 16.28 WIB. Ketinggian kolom abu diamati sekitar 7.000 meter di atas puncak (sekitar 9.460 meter di atas permukaan laut).

Kolom abu diamati berwarna hitam dengan intensitas tebal condong ke selatan. Letusan ini terekam pada seismogram dengan amplitudo maksimum 120 mm dan durasi sekitar 9 menit 17 detik.

Selain itu, ada awan panas menuju 3,5 km tenggara dan 3 km selatan dan suara gemuruh dapat didengar sampai ke Pos Pengamatan Gunung Api Sinabung.

Saat ini G. Sinabung dalam level III atau status siaga. Masyarakat dan pengunjung atau turis diminta untuk tidak melakukan kegiatan di desa-desa yang direlokasi, serta lokasi dalam radius radial 3 km dari puncak Gunung Sinabung, dan radius sektoral 5 km untuk sektor tenggara dan 4 km untuk sektor timur laut.

Jika hujan abu terjadi, masyarakat disarankan untuk memakai masker saat pergi keluar untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik. Masyarakat juga diminta mengamankan fasilitas air bersih dan membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak runtuh.

Selain itu, orang-orang yang tinggal dan tinggal di dekat sungai yang berhulu di Gunung Sinabung tetap waspada terhadap bahaya lahar.

Baca Juga:

Gunung Merapi Luncurkan Awan Panas Setinggi 1 Km
Bocah 9 Tahun Tewas Tenggelam di Kolam Renang Hotel di Anyer

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in NEWS