Connect with us

LIFESTYLE

Ternyata Kebiasaan Makan yang Sering Dilakukan Ini Berdampak Buruk

ternyata-kebiasaan-makan-yang-sering-dilakukan-ini-berdampak-buruk

Detik Akurat – Makan dan minum adalah kebutuhan makhluk hidup sehari-hari. Jika tidak makan dan minum dalam jumlah yang cukup, kesehatan pun akan terganggu. Meskipun begitu, ternyata ada kebiasaan makan yang berdampak buruk. Kebiasaan makan yang paling sering dilakukan adalah makan sambil menonton televisi ataupun siaran youtube.

Ini beberapa ulasan kebiasaan makan yang sering dilakukan :

Melewatkan waktu sarapan

Sarapan merupakan hal yang penting untuk kesehatan tubuh. Sarapan dapat memberikan energi untuk melakukan aktivitas atapun ketika belajar di sekolah. Jika tidak sarapan, enegeri menjadi terkuras sehingga kita akan menjadi lemas. Selain itu, melewatkan sarapan juga akan membuat kamu kelaparan sehingga tergoda untuk jajan di luar yang belum tentu sehat dan bersih. Sarapan ternyata juga dapat mengurangi berat badan. Orang yang tidak makan di pagi hari akan makan lebih banyak saat siang hari.

Sering Ngemil Tengah Malam

Apakah kalian pernah terbangun karena merasa lapar? Saat seperti ini, kita pasti langsung menuju dapur untuk mengemil. Tapi jika hal ini dilakukan secara terus-menerus akan membuat berat badan kita terlalu gemuk. Selain itu, kebiasaan ini akan membuat gigi rusak karena tidak sikat gigi setelahnya. Jika kalian merasa lapar di malam hari, sebaiknya makan sepotong buah atau minum air putih.

Makan dalam porsi yang banyak sekaligus

Pernahkah kalian merasa sangat lapar lalu makan dengan porsi yang banyak sekaligus? Kebiaasan ini sebenarnya harus dihindari karena makan dalam porsi yang besar akan mengganggu pencernaan dan keseimbangan gula dalam tubuh. Untuk menghindari hal tersebut, makanlah tepat waktu karena ini akan mencegah kita merasa lapar sehingga mengambil porsi makan dalam jumlah yang besar.

Makan disaat emosi

Saat bertengkar dengan seseorang, mood atau perasaan kita jadi tidak menentu dan mudah marah. Terkadang kita jadi ingin makan dalam porsi yang banyak meski tidak begitu lapar saat marah. Ternyata kebiasaan ini juga harus dihindari. Itu karena kita makan lebih banyak dari yang biasanya. Saat sedang marah, sebaiknya ceritakan masalahmu pada orangtua atau melakukan hobi atau kegiatan lain yang lebih positif untuk mengalihkan pikiran.

Tidak berhenti ngemil

Kalau sedang ngemil, terkadang kita tidak menyadari sudah menghabiskan berbungkus-bungkus camilan. Ini adalah kebiasaan yang sagat buruk. Ngemil seharian dapat membnuat jadwal makan utama menjadi terganggu. Namun meski begitu, bukan berarti tidak boleh ngemil tapi makanlah sesuatu yang tidak mengandung banyak gula dan juga garam. Akan lebih baik jika cemilannya diganti dengan buah.

Makan sambil nonton televisi atau siaran youtube

Makan sambil menonton televisi atau siaran youtube memang terasa sangat menyenangkan tapi sebenarnya ini merupakan kebiasan yang buruk. Saat makan sambil menonton, kita jadi tidak bisa mengukur seberapa banyak kita makan. Ini dapat membuat kita terlalu gemuk yang nantinya akan membuat kesehatan kita terganggu. Selain itu, kita jadi tidak bisa menikmati rasa makanan karena terlalu fokus menonton.

Makan terlalu cepat

Pada faktanya, sinyal kenyang baru akan dikirim ke otak pada 15 – 20 menit setelah suapan pertama. Jika kita makan terlalu cepat, bisa jadi kita makan lebih banyak dari porsi yang seharusnya karena belum merasa kenyang. Selain itu makan terlalu cepat juga membuat kita tidak mengunyah makanan hingga halus. Akibatnya, pencernaan jadi terganggu.

Detik Akurat

 

Baca Juga :

Waspada, Ini Gejala Orang Depresi yang Sering Terlihat

Contek Kebiasaan Perempuan yang Memiliki Kulit Sehat dan Cantik

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in LIFESTYLE