Connect with us

LIFESTYLE

Kurang Tidur Ternyata Bisa Bikin Badan Gampang Gemuk

kurang-tidur-ternyata-bisa-bikin-badan-gampang-gemuk

Detik Akurat Tanpa Anda sadari, ada beberapa kebiasaan di malam hari yang bisa membuat Anda lebih cepat gemuk. Nah, jika Anda merasa berat badan Anda selalu bertambah, segera periksa kebiasaan tidur Anda.

Seperti dikutip oleh Brightside, kurang tidur dapat menyebabkan bertambahnya berat badan. Fakta ini didasarkan pada penelitian yang dilakukan oleh The King’s College of London dan Vrije University of Amsterdam pada 2016. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur dapat menyebabkan konsumsi lebih banyak kalori yang berakhir dengan obesitas.

Studi ini menganalisis 11 studi waktu tidur ideal dan penambahan berat badan. Dari total peserta 172 peserta, beberapa peserta memiliki kualitas tidur yang buruk selama dua minggu, dan yang lainnya memiliki waktu tidur yang ideal.

Ditemukan bahwa mereka yang kurang tidur akan mengkonsumsi lebih banyak kalori. Saat begadang, seseorang lebih rentan memilih untuk mengonsumsi makanan berlemak seperti hamburger. Jika Anda kurang dari waktu tidur yang ideal, dan makan kalori berlebih tanpa melakukan aktivitas apa pun, jangan kaget jika berat badan Anda bertambah.

Para peneliti mengungkapkan, kurang tidur akan mengganggu hormon leptin dan ghrelin. Hormon-hormon ini berfungsi mengatur rasa lapar dan kenyang dalam tubuh.

Studi lain juga menunjukkan bahwa kurang tidur dapat mengganggu kinerja otak. Ini juga mempengaruhi energi yang akan dirilis pada hari berikutnya, dan menurunkan produktivitas dalam bekerja menjadi lebih emosional.

Detik Akurat

 

Baca Juga :

Rahasia Awet Muda Masa Kini Gunakan Masker Sperma

Bukan Mulus, 5 Kebiasaan Pakai Masker Ini Ternyata Membahayakan Kulit

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in LIFESTYLE