Connect with us

TEKNOLOGI

Kominfo Ungkap Kriteria Puluhan Ribu Akun WhatsApp yang Ditutup

kominfo-ungkap-kriteria-puluhan-ribu-akun-whatsapp-yang-ditutup

Detik Akurat Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bekerja sama dengan penyedia platform digital WhatsApp, menutup sekitar 61 ribu akun yang dianggap melanggar aturan setelah tindakan pada 22 Mei.

Hubungan masyarakat sementara Kementerian Komunikasi dan Informasi Ferdinandus Setu menjelaskan bahwa ada dua kriteria untuk menghilangkan akun WhatsApp. Kedua kriteria tersebut adalah karena akun sering mengirim konten yang mengandung penipuan dan hasutan.

“Kriteria nomor WhatsApp ditangguhkan karena mereka sering mengirim konten menipu dalam bentuk berita palsu atau informasi palsu dan hasutan untuk melakukan kekerasan,” jelas pria yang kerap dipanggil Nando ketika dihubungi, Rabu (29/05).

Kominfo mengatakan bahwa langkah penutupan akun dilakukan sebagai upaya untuk meminimalkan penyebaran konten penipuan, fitnah dan provokasi. Menteri Komunikasi dan Informasi, Rudiantara, mengatakan sebelumnya bahwa langkah-langkah untuk menutup 61 ribu akun dilakukan setelah berkomunikasi dengan para pemimpin WhatsApp.

“Itu juga diambil, misalnya, saya telah berkomunikasi dengan para pemimpin WhatsApp, bahwa hanya seminggu sebelum kerusuhan 22 Mei telah menutup sekitar 61 ribu akun di aplikasi WhatsApp yang melanggar aturan,” jelas Rudiantara. melalui akun resmi.

Selain akun WhatsApp, Kementerian Komunikasi dan Informasi juga menutup 2.184 akun dan situs sebelum dan selama pembatasan akses ke jejaring sosial yang terjadi selama tiga hari dari 22 hingga 25 Mei.

Secara rinci, 2.184 akun dan situs yang diblokir termasuk 551 akun Facebook, 848 akun Twitter, 640 akun Instagram, 143 akun YouTube, akun LinkedIn, dan alamat situs.

Untuk mengurangi penyebaran informasi palsu dan ekspresi kebencian, Komnfo mengundang masyarakat untuk menginformasikan melalui keluhan konten tentang nomor WhatsApp 08119224545, akun Twitter @aduankonten dan email aduankonten@kominfo.go.id.

Detik Akurat

 

Baca Juga :

Huawei Diblock Amerika Serikat, Ini Nasib Xiaomi, Oppo dan Vivo

Redmi 7A Dirilis Bareng K20 28 Mei

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in TEKNOLOGI