Connect with us

KESEHATAN

Kenali 5 Gejala Penyakit Ginjal yang Harus Diwaspadai

kenali-5-gejala-penyakit-ginjal-yang-harus-diwaspadai

Detik Akurat – Kenali gejala penyakit ginjal agar kamu bisa cepat mendapatkan penanganan yang tepat sebelum terlambat. Karena menurut dokter, sebagian besar orang baru menyadari saat penyakit ginjalnya sudah masuk stadium yang parah.

“Sebagian besar orang tidak mengeluh gejala apapun sampai penyakit ginjal kronisnya memasuki stadium tahap lanjut. Bahkan, fungsi ginjal bisa menurun hingga 90 persen sebelum gejala muncul,” tutur dr Aida Lydia, PhD, SpPD-KGH yang merupakan Ketua Pengurus Besar Perhimpunan Nefrologi Indonesia beberapa waktu yang lalu.

Berikut ini ada rangkuman Detik Akurat dari berbagai sumber untuk kamu bisa mengenali gejala penyakit ginjal yang tentunya harus kamu waspadai :

Sering buang air kecil

Tiba-tiba menjadi lebih sering buang air kecil merupakan salah satu gejala penyakit ginjal dari infeksi saluran kemih (ISK). ISK atau sering disebut anyang-anyangan merupakan infeksi akibat bakteri pada saluran kencing. Bakteri itu menempel dan berkembang biak di saluran kemih. Bakteri ini, apabila tidak cepat ditangani dapat menjalar ke ginjal. Terlebih lagi apabila infeksi sudah terjadi berulang kali.

Mengalami anemia

Gangguan pada fungsi ginjal bisa mempengaruhi proses pembentukan sel darah merah. Dampaknya seseorang mungkin mengalami anemia ditandai dengan wajah pucat, lesu, dan cepat lelah.

Memiliki tensi yang tinggi

Hipertensi adalah salah satu kondisi yang memberikan ancaman serius untuk kesehatan ginjal. Hipertensi yang tidak terkontrol bisa meningkatkan kemungkinan gangguan fungsi ginjal. Namun terkadang, orang-orang yang mengalami gangguan fungsi ginjal kurang menyadari hal ini.

Mengalami embengkakan

Pembengkakan bisa menjadi tanda gejala penyakit ginjal ini terjadi terutama pada kaki dan pergelangan kaki. Selain itu, bengkak juga bisa terjadi pada kelopak mata ketika bangun tidur di pagi hari.

Mengalami hematuria

Adanya darah dalam urine ataupun yang disebut hematuria adalah pertanda adanya gangguan fungsi pada ginjal. Selain ditemukannya darah dalam urine, terjadi juga proteinuria atau ditemukannya kadar protein yang tidak normal dari urine. Hematuria ditandai dengan urine yang akan berubah warna menjadi warna kemerahan atau kecokelatan. Namun dilakukan juga tes urine di laboraturium untuk mengecek apakah ditemukan adanya kandungan darah yang tidak kasat mata pada urine atau biasa disebut hematuria mikroskopik.

 

Detik Akurat

Baca Juga :

Pencegahan Osteoporosis Dengan Konsumsi Tempe

Waspadai 7 Gejala Tumor Otak Yang Perlu Kamu Tahu

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in KESEHATAN