Connect with us

KESEHATAN

6 Penyebab Kuku Berwarna Kuning

Detik Akurat – Warna kekuningan pada kuku seringkali membuat merasa tidak nyaman, banyak orang memilih untuk menutupinya dengan kuteks.

Tetapi jika warna kekuningan yang muncul bukan diakibatkan dari penggunaan kuteks, itu bisa menjadi pertanda bahwa ada sesuatu yang salah dengan kesehatan tubuh.

“Perubahan warna pada kuku menandakan ada perubahan pada kesehatan Anda dari waktu ke waktu. Warna kuning bisa disebabkan oleh kuteks, tetapi juga bisa disebabkan oleh infeksi atau sebuah penyakit,” ucap Joshua Zeichner, direktur penelitian kosmetik dan klinis di Mount Sinat Hospital, New York.

Zeichner menambahkan, setiap perubahan pada kuku seperti perubahan warna, penebalan, atau kerusakan harus dievaluasi oleh dokter kulit. Semakin cepat Anda menemukan penyebab perubahan warna pada kuku, semakin cepat Anda juga bisa mengobatinya.

Berikut adalah penyebab kuku menguning.

1. Penggunaan kuteks berwarna gelap
Mengenakan pewarna kuku atau kuteks secara teratur, terutama yang berwarna gelap dapat menodai kuku dan menyebabkan perubahan warna.

“Pewarna dalam kuteks berinteraksi dengan kuku dan menyebabkan perubahan warna kuning atau kerapuhan,” ucap ahli kulit asal Philadelphia, Rina Allawh.

Pembersih kuteks yang mengandung aseton juga dapat memperburuk warna kekuningan pada kuku.

“Untuk mencegah kondisi ini, oleskan kuteks dasar berwarna bening sebelum Anda mengoleskan kuteks berwarna gelap,” ucap Allawh.

2. Infeksi jamur
Ketika jamur menyerang, biasanya terjadi penebalan pada kuku. Selain dapat menyebabkan penebalan, jamur juga bisa menimbulkan warna kuning pada kuku.

“Karena kuku tumbuh secara perlahan, obat perlu diresepkan selama 3-6 bulan untuk mengobati infeksi jamur yang terjadi,” ucap Susan Massick, dokter kulit Ohio State University Wexner Medical Center, AS.

3. Kuku terlalu panjang
Ketika kuku terpisah dari dasarnya, kondisi ini disebut sebagai onikolisis. “Sebuah ruang yang berkembang di bawah kuku, dapat menyebabkan warna kuku menjadi kuning atau buram,” ucap Zeichner.

Untuk mengatasinya, penting untuk memotong bagian kuku yang sudah memanjang. Karena kuku yang tidak menempel pada kulit jari memungkinkan mikroorganisme tumbuh.

4. Kekurangan vitamin
“Kekurangan vitamin dapat mempengaruhi pertumbuhan kuku, dan dalam beberapa kasus bisa menyebabkan perubahan warna kuning,” ucap Zeichner.

5. Merokok
Menurut American Academy of Dermatology, kuku dan jari yang menguning adalah tanda bahwa Anda adalah perokok atau terbiasa merokok. Kondisi ini disebabkan oleh paparan dari asap tembakau.

6. Masalah kesehatan lainnya
Seiring dengan menguningnya kuku, Anda juga mungkin mengalami masalah lain seperti gangguan pernapasan, sinusitis kronis, dan kaki bengkak.

Penyakit tiroid juga dapat menyebabkan masalah kuku seperti menguning, menebal, dan hancurnya tepi kuku. Begitupun dengan diabetes.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in KESEHATAN