Connect with us

KESEHATAN

4 Langkah Bakar Lemak Tubuh Lebih Cepat

Detik Akurat – Memiliki metabolisme tubuh yang lambat membuat lemak jadi lebih lama terbakar. Biasanya orang yang memiliki tubuh kecil yang cenderung memiliki metabolisme tubuh lambat.

“Orang yang memiliki tubuh lebih kecil, lebih pendek dan mungkin mengalami kesulitan menjaga massa otot, cenderung memiliki metabolisme lebih rendah,” terang Elizabeth Lowden, dari Northwestern Medicine Metabolic Health and Surgical Weight Loss Center di Delnor Hospital.

Cukup sulit untuk mempercepat metabolisme seseorang. Namun, masih ada sejumlah cara untuk menurunkan berat badan kendati metabolisme tubuhmu lambat. Berikut sejumlah cara membakar lemak lebih cepat pada orang yang metabolisme tubuhnya lambat.

1. Bentuk otot tubuh
Lowden mengungkap bahwa memiliki massa otot yang tidak berlemak bisa meningkatkan tingkat metabolisme basal. Hal ini bisa mendorong tubuh untuk membakar lebih banyak kalori.

“Tingginya tingkat massa otot bisa meningkatkan jumlah kalori yang kamu bakar selama beraktivitas dan berolahraga,” terang Lowden.

2. Perbanyak kardio
Untuk membangun otot tubuhmu, olahraga kardio merupakan salah satu pilihan yang tepat. Olahraga ini dapat membuat jantung terpompa lebih cepat untuk menurunkan lemak di perut.

“Paksa tubuhmu hingga terengah-engah sampai titik ketika kamu sulit berbicara namun masih bisa melakukannya. Lakukan olahragamu hingga intensitas seperti itu,” terang Holly Lofton dari Medical Weight Management Program di NYU Langone Health.

“Tubuh bakal kehilangan lemak secara efisien dengan melakukan aktivitas fisik secara intens,” sambungnya.

3. Konsumsi Lemak Sehat
Cara lain untuk meningkatkan metabolisme tubuh yang lambat adalah dengan mengonsumsi takaran yang tepat dari lemak dan protein. Tubuh membutuhkan waktu lebih lama mencerna makanan jenis ini sehingga membutuhkan lebih banyak energi dibanding minuman lainnya.

Dori Arad, direktur dari Mount Sinai PhysioLab, mengungkap bahwa protein juga membantu membangun otot. Sumber nutrisi yang baik melingkupi ikan, daging ayam dan kalkun, serta kacang-kacangan. Sumber lemak sehat juga bisa diperoleh dari almond, kenari, salmon, trout, alpukat, dan minyak zaitun.4. Turunkan asupan kaloriUntuk meningkatkan metabolisme, ada cara lain yang harus kamu lakukan selain mengonsumsi protein dan lemak sehat pada makananmu. Hal lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengurangi konsumsi makanan tinggi kalori.

Holly Lofton menyebut bahwa mengurangi konsumsi kalori bisa meningkatkan metabolisme dan menyusutkan lemak perut. Kamu bisa melakukannya dengan mulai mengurangi 250 kalori per hari.

Sejumlah cara tersebut bisa kamu lakukan ketika kamu termasuk orang yang memiliki metabolisme tubuh lambat. Lakukan hal tersebut agar berat badanmu menyusut lebih cepat.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in KESEHATAN