Connect with us

KESEHATAN

Basal Cell Carcinoma, Kanker Kulit Ganas yang Mirip Tahi Lalat

Detik Akurat – Umumnya, orang mempunyai nevus atau lebih dikenal dengan tahi lalat di bagian tubuhnya. Bisa ada di wajah, lengan, kaki, bahkan kepala.

Tapi untuk orang-orang lanjut usia, harus lebih waspada, bisa jadi itu adalah tumor ganas yang ada di kulit atau BCC atau Basal Cell Carcinoma. BCC adalah kanker ganas yang muncul disebabkan sinar matahari. Biasanya, jenis kanker ini tumbuh di area tubuh yang terpapar langsung oleh matahari.

“Kanker yang mirip tahi lalat ini bisa muncul di area wajah, lengan, bahkan kepala. Kalau seperti kalian yang berhijab justru lebih aman, karena area yang terbukanya hanya sedikit,” tutur dr Susie Rendra, Sp,KK, dokter spesialis kulit di RS Pondok Indah, Kamis (12/9/2019).

BCC juga cenderung terjadi pada orang-orang yang sering beraktivitas di luar ruangan. Penyakit kulit ini juga lebih sering dialami oleh orang Asia.
baca juga
Kanker ini memiliki ciri khas yang membedakannya dengan tahi lalat pada umumnya. Dari bentuk hingga teksturnya bisa diwaspadai.

“BCC itu cirinya adalah tahi lalat yang cepat membesar, gatal, seperti ada luka di tengahnya, lebih menimbul, dan sering berdarah,” jelasnya.

Maka dari itu, lanjut dr Susie, lindungilah tubuh dari terpaan langsung sinar matahari. Ini bisa dilakukan dengan menggunakan pakaian tertutup dan memakai lotion ataupun tabir surya.

Baca Juga:

Kaki Suka Tiba-tiba Kram Saat Tidur Malam, Apa Penyebabnya?
7 Tanda Gejala Tipes yang Harus Diketahui

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in KESEHATAN