Connect with us

TEKNOLOGI

Sekarang Zamannya ‘Mama Minta OTP’

Detik Akurat – Modus kejahatan skimming semakin beragam seiring dengan perkembangan digital teknologi. Kalau dulu masyarakat dihebohkan dengan terror ‘mama minta pulsa’, di era maraknya dompet digital muncul istilah CODI alias Copet Digital. Modusnya bukan lagi minta pulsa melainkan minta kode OTP (One Time Password).

Sebelum beranjak ke modus kejahatannya. Ada hal yang kamu wajib tahu. Kode OTP adalah pin keamanan yang hanya digunakan sekali pakai. Biasanya kode OTP ini dikirim ke nomor telepon melalui SMS ataupun direct call. Kode ini didapatkan apabila kamu mendaftar dompet digital ataupun aplikasi online serta transaksi perbankan.

Biasanya, kode OTP juga diperlukan saat kamu mau ganti PIN. Nah, rutin mengganti PIN ini juga penting kamu lakukan supaya terhindar dari CODI. Para Copet Digital ini mengincar OTP dan PIN kamu karena keduanya merupakan fitur keamanan autentifikasi dua faktor. Modus yang dilakukan para copet digital adalah saat pengguna mengganti atau me-reset PIN, copet lalu meminta kode OTP. Jika sudah dapat OTP maka selanjutnya mereka akan mengubah
PIN lagi.

Dari situlah, para copet digital lalu melakukan tindak kejahatan mulai dari mengambil saldo, melakukan transaksi ke akun lain hingga melakukan penipuan ke daftar kontak yang ada di telepon genggamanmu.

Selain itu, pastikan juga kalau PIN dan OTP kamu adalah dua hal yang sangat privasi. Jangan sampai orang lain apalagi mantan pacar kamu tahu. Di samping itu, saat melakukan reset PIN pastikan kalau kamu mendapatkan info dari sumber yang valid. Hindari juga penggunaan wifi publik di tempat umum.

Baca Juga:

Pengguna Snapchat Kini Bisa Bagikan Musik yang Diputar di Spotify
Jajal 5G, Kecepatan Internet Tri Tembus 1,2 Gbps

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in TEKNOLOGI