Connect with us

KESEHATAN

Deteksi Kesehatan Tubuh dari Kondisi Lidah

Detik Akurat – Lidah tidak hanya berfungsi sebagai indra pengecap yang dapat merasakan berbagai jenis rasa. Ternyata lidah juga berfungsi untuk mendeteksi penyakit yang Anda derita.

Dilansir dari laman Health ternyata lidah juga mampu mendeteksi berbagai gejala penyakit kritis dan akut. Lidah juga dapat memberikan gambaran umum tentang kesehatan Anda secara keseluruhan.

Sally Cram, DDS, seorang penasihat konsumen untuk American Dental Association di Washington DC, berpendapat bahwa lidah yang normal memiliki warna merah muda dan tidak muncul benjolan. Jika Anda memiliki kondisi lidah yang demikian bisa jadi tanda bahwa kondisi tubuh Anda tidak sehat.

Hal tersebut bisa menjadi tanda dari salah satu kondisi kesehatan berikut ini.

1. Diabetes
Seriawan adalah hal yang umum bagi penderita diabetes yang tidak terkontrol. Bahkan seriawan bias menjadi tanda pertama bahwa Anda memiliki kondisi kronis. Seriawan biasanya merupakan hasil dari sistem kekebalan yang melemah.

Penderita diabetes juga lebih cenderung memiliki mulut yang kering. “Kebanyakan orang dengan diabetes agak dehidrasi, “jelas Ryan Kauffman,MD, spesialis THT di Piedmont Healthcare, Atlanta, Amerika Serikat.

“Pada penderita diabetes, lidah bisa agar mengerut dan kehilangan beberapa penampilan normalnya,“ tambahnya.

2. HIV
HIV merupakan penyakit yang mematikan, tanda awalnya lidah putih karena tertutup oleh jamur. Seperti halnya yang terjadi pada penderita diabetes, sistem kekebalan tubuh penderita HIV melemah sehingga membuat Anda sulit melawan organisme yang hidup dalam tubuh.

Luka yang terjadi pada lidah dan bagian mulut lain juga dapat menjadi tanda HIV/ AIDS. Saat ini, telah banyak ditemukan perawatan yang efektif untuk penderita penyakit ini, termasuk pengobatan untuk mencegah infeksi.

3. Kanker
Adanya benjolan atau luka pada lidah Anda (atau bagian lain dari mulut Anda) yang bertahan lebih dari dua minggu perlu untuk diperiksa ke dokter ahlinya. Kondisi tersebut bisa menjadi tanda Anda kanker dalam tubuh Anda.

Kondisi seperti ini disebut juga leukoplakia atau kondisi di mana ada gangguan pada gusi, bagian dalam pipi yang terletak di bagian bawah mulut dan lidah. Pada keadaan ini lidah akan muncul bercak putih yang disebabkan oleh pertumbuhan sel- sel yang tidak terkontrol di bagian mulut Anda.

4. Kekurangan vitamin
Lidah yang sehat memiliki warna merah muda. Namun lidah yang memiliki warna merah cerah bisa jadi pertanda jika tubuh kekurangan asam folat, vitamin B12, atau zat besi. Kondisi seperti ini umumnya dapat diperbaiki dengan mengonsumsi suplemen.

5. Stres
Luka pada bagian lidah bisa jadi tanda stres. Kondisi stres dapat memunculkan luka di bagian lidah atau bagian lain di mulut. Jika kondisi luka kecil, cobalah untuk berkumur dengan air garam hangat dan hindari makanan berminyak. Sebagai penggantinya pilih makanan yang lembut dan dingin seperti yogurt.

Baca Juga:

4 Tanda Kesehatan Memburuk Jika Kamu Selalu Merasa Mengantuk
Hindari 5 Makanan Ini Agar Tidak Ngorok Saat Tidur

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in KESEHATAN