Connect with us

KESEHATAN

Sering Terbangun Pipis di Tengah Malam?

Detik Akurat – Mendadak terbangun di tengah malam karena kebelet pipis adalah hal yang menyebalkan. Walau menyebalkan tapi mungkin sebagian dari kita tak menganggapnya serius, padahal bisa jadi hal itu adalah tanda-tanda dari penyakit mematikan.

Kondisi ini umumnya meningkat frekuensinya seiring bertambahnya usia. Terbangun di tengah malam dan pipis berkali-kali bisa jadi salah satu tanda dari penyakit nocturia.

Biasanya disebabkan oleh kekurangan tidur yang dapat berdampak pada semua bentuk dari fungsi mental, sehingga membuat semakin sulit untuk berkonsentrasi, mengingat sesuatu dan mempelajari sesuatu.

Selain itu, tidur yang menjadi terganggu bisa juga menyebabkan peningkatan risiko diabetes, melemahnya sistem imun, penyakit jantung dan bahkan beberapa tipe kanker. Ditambah juga kondisi ini mengganggu kesehatan mental pula, yang berisiko mengakibatkan kecemasan, depresi dan psikosis.

“Orang-orang berpikir bahwa terbangun di malam hari untuk pipis adalah masalah usia, padahal seharusnya tak perlu seperti itu. Tidur yang kurang bisa merusak kesehatanmu maka dari itu orang-orang yang terbangun beberapa kali di malam hari harus memeriksakan dokter untuk mengetahui penyebabnya,” tutur profesor urologi Philip Van Kerrebroeck.

Sementara, pipis berlebihan atau polyuria merupakan kondisi di mana seseorang pipis lebih dari 2,5 liter per harinya. Bisa disebabkan karena minum cairan yang terlalu banyak atau tanda dari sesuatu yang lebih serius, yakni diabetes tipe 2.

Tak hanya itu, polyuria juga bisa jadi tanda dari infeksi kencing, batu ginjal, gagal ginjal, dan pembengkakan prostat pada pria.

Menangani kedua hal ini bisa dengan mengurangi jumlah cairan yang diminum sebelum tidur. Namun pastikan kamu sudah memenuhi jumlah rekomendasi harian, yakni 6-8 gelas per hari.

Selain itu, kurangi minum minuman yang mengandung kafein yang bisa mengganggu proses urinasi dan mengubah pola tidur, seperti teh, kopi, cokelat, soda, dan alkohol. Ginjal akan bereaksi pada minuman-minuman tersebut dengan membuangnya dari darah menjadi air kencing, alhasil rasa kebelet pipis akan semakin sering.

Jika ada masalah dengan ginjal misalnya penyakit batu ginjal, biasanya juga akan menyebabkan hal tersebut. Periksakan ke dokter apabila kamu pipis lebih banyak dari biasanya dan mengalami nyeri punggung, penurunan bobot, keringat di malam hari, kaki lemas atau demam.

Baca Juga:

Paparan Polusi Tingkatkan Risiko Bayi Lahir Prematur
5 Cara Mengembalikan Kesehatan Kulit Wajah

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in KESEHATAN