Connect with us

INTERNASIONAL

Trump Setuju dengan Kim Jong-un Soal Latihan Perang AS-Korsel

Detik Akurat – Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan bahwa dirinya setuju dengan sikap Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong-un yang menentang latihan perang antara AS dengan Korea Selatan.

Hal itu diutarakan Trump setelah dirinya mendapatkan surat dari Kim. “Saya mendapatkan sebuah surat yang amat indah dari Kim Jong-un kemarin,” kata Trump, Jumat (9/8). “Itu sebuah surat yang amat positif,”

“Dia tidak senang dengan latihan perang itu,” kata Trump yang merujuk pada latihan militer antara tentara AS dengan Korea Selatan yang akan mulai pada pekan ini.

“Seperti yang kalian tahu, saya juga tidak pernah menyukainya. Saya tidak pernah. Dan Anda tahu mengapa? Saya tidak suka membayarnya,” kata Trump.

Trump diketahui menerima surat Kim yang berisi tiga halaman itu pada Kamis (8/8), setelah Pyongyang melakukan empat tes rudal dalam dua pekan terakhir.

Pyongyang menyebut tes rudal tersebut adalah sebagai respons atas latihan bersama Amerika Serikat dan Korea Selatan di kawasan itu.

Meskipun rudal yang diuji bukan kategori medium dan jarak jauh yang membuat AS dan Jepang sempat ketar-ketir, senjata ini tergolong baru.

Rudal baru Korea Utara tersebut memiliki kecepatan yang jauh lebih tinggi untuk kategori jarak pendek, sehingga mampu menimbulkan potensi bahaya bagi Korea Selatan.

Korea Utara juga mengatakan bahwa latihan perang antara AS dan Korea Selatan adalah sebuah “penyangkalan yang tidak disembunyikan dan pelanggaran yang mencolok” dari proses diplomasi antara Pyongyang, Washington, dan Seoul.

Trump tak melanjutkan terkait uji rudal tersebut dan justru mengatakan dia dapat melakukan pertemuan tingkat tinggi selanjutnya dengan Kim Jong-un di masa depan.

“Saya pikir kami akan mengadakan pertemuan lagi,” kata Trump.

“Sementara itu, saya akan katakan lagi. Tidak ada uji coba nuklir. Uji rudal semuanya jarak pendek. Tidak ada tes rudal balistik, tidak ada rudal jarak jauh.” katanya.

Baca Juga:

Terlibat Sindikat Narkoba, Menteri Venezuela Jadi Buron AS
Ratusan Tamu Keracunan Di Acara Pesta Eks Ibu Negara Filipina

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in INTERNASIONAL