Connect with us

TEKNOLOGI

Menkominfo Blokir Zain Telecom

menkominfo

Detik Akurat – Kementerian Komunikasi dan Informasi telah menangguhkan atau menangguhkan layanan operator telekomunikasi dari Arab Saudi, Zain Telecom. Ini dilakukan agar masalah yang ada tidak terus menjadi polemik.

“Kami mengambil sikap daripada menjadi polemik. Tangguhkan dulu hingga ada kejelasan,” katanya di Gedung Kominfo, Jakarta, Rabu, 24 Juli 2019. Rudiantara mengatakan ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan, dan pemerintah mencari layanan terbaik untuk masyarakat.

Dari segi regulasi, lanjutnya, harus dilihat apakah Zain Telecom dilanggar atau tidak. Selain itu, layanan distribusi juga harus fokus. “Dua dalam hal perdagangan dalam mendistribusikan layanan di Indonesia juga dikoordinasikan oleh Departemen Agama. Karena, benar, penjualan mereka berada di embarkasi haji,” jelasnya.

Hingga saat ini, koordinasi masih berlangsung mengenai Zain Telecom. Rudiantara mengaku telah mendengar bahwa telah diadakan rapat koordinasi antara Kementerian Perdagangan dan Kementerian Agama.

Dilaporkan sebelumnya, larangan perdagangan sementara berlaku untuk aspek-aspek yang jelas dari perlindungan konsumen sebagaimana diamanatkan oleh UU No. 8 tahun 1999 dan hukum dan peraturan lain yang relevan.

Selain itu, lanjutnya, Direktorat Kontrol Direktorat Jenderal PPI Kominfo telah memeriksa lokasi penjualan kartu SIM Zain di Asrama Haji Pondok Gede pada 17 Juli 2019 dan menemukan bahwa ada dua stan penjualan Zain Telecom dengan petugas yang siap untuk melayani pelanggan.

Lalu, ada kuota paket haji dan umrah Rp150 ribu. Ferdinandus mengatakan bahwa pendaftaran kartu SIM dilakukan setelah berada di Arab Saudi dengan mengunjungi stan Zain Telecom yang terletak di bandara dan hotel, yang menampung para peziarah Indonesia.

Tidak hanya di Asrama Haji Pondok Gede, penjualan kartu Zain SIM juga dilakukan di Asrama Haji Lombok NTB, Asrama Haji Surakarta Donohudan, Asrama Haji Sukolilo Surabaya, dan Asrama Haji Makassar Sulawesi Selatan.

Team Detik Akurat

Baca Juga

Kimi Hime, YouTuber ‘Clickbait’ Berujung Panggilan Kominfo

Politik Nasi Goreng Megawati-Prabowo

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in TEKNOLOGI