Connect with us

INSPIRASI

4 Bahayanya Berlagak Sok Kaya

Detik Akurat – Siapa sih yang nggak mau sukses dan kaya? Kita semua pasti ingin jadi orang yang sukses dengan masa depan cemerlang. Tapi jangan sampai kita sampai kehilangan akal sehat dengan berlagak sok kaya padahal gaji masih pas-pasan.

Pamer di media sosial memajang foto-foto kekinian tapi semua hanya rekaan. Berlagak hidup penuh kemewahan tapi yang terjadi sebenarnya hidup serba pas-pasan. Kalau kebiasaan buruk ini terus dilanjutkan, nanti kita malah bisa dapat masalah-masalah baru.

1. Merusak nama baik kita sendiri
Nama baik kita tetap harus dijaga dengan baik. Kalau kita terus memakai topeng, nanti begitu ketahuan wajah aslinya, wah nama baik kita bisa hancur sendiri. Tak perlu sampai membuat banyak kepalsuan karena nanti malah bisa berbalik menghancurkan nama baik kita.

2. Bisa menambah stres dan tekanan batin
Kita tak akan pernah merasa puas. Sekali membuat sebuah kebohongan, kita akan terus terdorong untuk membuat kebohongan-kebohongan baru. Lama kelamaan hal ini akan membuat kita stres sendiri. Akan ada tekanan batin yang membuat kita jadi sulit menerima diri kita apa adanya.

3. Rasa percaya diri menurun
Makin malam kita cuma akan makin merasa insecure. Rasa percaya diri pun akan menurun. Tak ada lagi kepercayaan diri yang bisa membuat kita tenang. Setiap hari rasanya akan dihantui perasaan tidak nyaman. Lama kelamaan, kita jadi membenci diri sendiri.

4. Bisa terjebak dalam lilitan utang
Demi memenuhi keinginan untuk memiliki gaya hidup mewah, kita sampai rela berutang sana-sini. Padahal gaji pas-pasan, tapi kita malah gali lubang tutup lubang. Kalau kondisi ini terus dibiarkan, nantinya kita bakal terjebak dalam lilitan utang yang bakal makin susah kita tangani.

Saatnya untuk lebih berhati-hati dalam menempatkan diri, ya. Tak perlulah rasanya berlagak sok kaya bila itu malah akan menyusahkan. Kini kita perlu lebih berani jadi diri sendiri, jujur terhadap diri sendiri juga orang-orang di sekitar kita.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in INSPIRASI