Connect with us

KESEHATAN

Kenapa Berat Badan Lebih Sulit Turun Usai Umur 30?

Detik Akurat – Bagi Anda yang belum berusia 30 dan ingin menurunkan berat badan, ini waktu yang tepat. Rupanya setelah usia 30, seseorang lebih sulit menurunkan berat badan.

Tubuh seseorang tidak membakar kalori dengan cara yang sama seumur hidup. Ketika masuk ke usia 30 tahun, massa otot dan kekuatan menurun sehingga tubuh membakar lebih sedikit kalori.

Melissa Halas-Liang dari California Academy of Nutrition and Dietetics, Amerika Serikat menyebut bahwa hal ini dialami oleh pria dan wanita. Oleh karena itu, kamu perlu berupaya lebih keras untuk membakar lemak ketika melewati usia ini.

Kemampuan tubuh untuk membakar kalori ini biasanya mulai terus menurun usai 30. Kemampuan tubuh untuk melakukan berbagai fungsi dasar seperti bernapas menurun 10 persen ketika berusia 50 tahun. Pada umur 70 tahun, kemampuan ini bakal menurun sekitar 20-25 persen.

Semakin menurunnya energi yang dihasilkan oleh tubuh seseorang ini berarti semakin menurunnya kalori yang dibakar. Walau begitu, hal ini bisa lebih berdampak pada pinggul wanita.

Besarnya efek pada wanita ini disebabkan karena perubahan hormon yang terjadi saat menopause yang bisa berdampak buruk pada upaya menurunkan berat badan. Pada pria, menurunkan berat badan cenderung lebih mudah karena mereka memiliki massa otot lebih tinggi dan metabolisme yang lebih cepat dibanding wanita walau usia bertambah.

Walau bakal sulit, namun masih sangat besar peluangmu untuk menurunkan berat badan usai usia 30. Hanya saja, kamu perlu untuk mengonsumsi makanan sehat dalam jumlah tepat dan disertai olahraga yang cocok.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in KESEHATAN