Connect with us

LIFESTYLE

Dampak Tubuh apabila Mengurangi Konsumsi Gula

gula-pasir

Detikakurat.com – Perdebatan tentang jenis diet terbaik selalu menjadi sebutan hangat. Sebagai contoh, ketika vegan percaya menghindari produk hewani adalah metode terbaik, pemain keto mencoba mengonsumsi sebanyak lemak hewan. Namun, ada satu hal yang mungkin disepakati oleh semua pelaku diet, yaitu menghindari gula. Berhenti mengonsumsi makanan manis cukup menantang karena gula sering kali ada dalam berbagai makanan dan porsi – bahkan yang tak terduga. Misalnya burger sayur, saus tomat, kerupuk, dan lainnya.

Namun, jika Anda benar-benar menghindari gula, tubuh Anda akan mendapatkan manfaat yang hampir langsung terasa. Eric Pham dari Rumah Sakit St. Joseph, Orange, California, misalnya, menyebutkan beberapa efek dari mengurangi / menghentikan konsumsi gula. Di antaranya, penurunan tekanan gula darah, serta kadar lemak dan insulin yang sehat. Reaksi tubuh terhadap gula bervariasi, tergantung pada seberapa banyak gula yang Anda konsumsi sebelumnya. Yang juga terpengaruh adalah apakah kita juga mengonsumsi cukup karbohidrat.

Karena, tubuh akan mengubah karbohidrat kompleks, seperti oatmeal dan sayuran, menjadi gula sederhana yang akan digunakan sebagai energi. Namun, jika kita memotong semua makanan dengan glisemik tinggi, apa yang akan terjadi? Dokter bedah bariatrik dari California, Dr. Brian Quebbemann mengatakan, tiga hari pertama akan sulit dijalani.

Mungkin ada rasa seperti “mengidam” makanan manis tertentu, jika Anda terbiasa makan makanan manis secara teratur, seperti di pagi hari dan makan malam.

Ini terjadi karena tubuh tidak mendapatkan gula untuk merangsang otak. Selama periode ini, kita mungkin merasa cemas, tetapi sebenarnya ada banyak zat baik di dalam tubuh. Hormon yang mengatur glukosa, insulin, akan turun menjadi lebih stabil. Kita mungkin merasa lelah dan lesu, tetapi kondisi itu akan berlalu setelah beberapa hari. Adrenalin juga akan meningkat dan membantu memecah glikogen atau gula yang disimpan dalam tubuh, sehingga dapat dilepaskan melalui aliran darah. “Bahkan kurang dari 24 jam,” kata Quebbemann. Dalam 3-5 hari, hati kita akan menghasilkan keton dari lemak karena tidak ada lagi glukosa sebagai sumber energi utama.

Kemudian tubuh akan memasuki fase ketosis atau fase pembakaran lemak. Anda mungkin mengalami kram otot karena kehilangan banyak air pada fase ketosis setelah memotong asupan gula. Beberapa orang bahkan mengalami keto flu disertai dengan sakit kepala, kelelahan dan kram, yang akan dialami selama sekitar satu minggu. Namun, ketika fase ini terlampaui, kita akan merasa lebih energik, fokus dan tenang. Pemangkasan gula dan makanan glikemik tinggi adalah alami ketika seseorang ingin menurunkan berat badan untuk waktu yang singkat. Meski begitu, para dokter masih belum yakin apakah metode ini baik untuk kesehatan jangka panjang.

Itu sebabnya banyak dokter merekomendasikan diet karbohidrat kompleks yang sehat. Meskipun diubah menjadi gula, zat ini normal dan tetap merupakan proses yang sehat. Faktanya, mengurangi asupan gula saat masih mengonsumsi karbohidrat kompleks akan menjaga tingkat insulin tetap sehat. “Kami tidak akan merasakan sakit kepala dan akan mendapatkan energi pada tingkat yang konsisten,” katanya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in LIFESTYLE