Connect with us

NEWS

Sosok Penting dibalik pertemuan Jokowi dan Prabowo

jokowi-bertemu-prabowo

Detik Akurat – Tokoh-tokoh di belakang layar berpartisipasi dalam memprakarsai pertemuan antara Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) dan Ketum Gerindra Prabowo Subianto. Baik Jokowi dan Prabowo memiliki sosok yang berkontribusi di balik dua pertemuan.

Yang pertama adalah Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung dari kamp Jokowi. Empat jam sebelum pertemuan, politisi senior PDIP berkesempatan memberikan sedikit bocoran meski tidak menyebut nama. Dia berbicara tentang pertemuan yang akan membuat bangsa lebih kuat.

“Semoga hari ini akan menjadi hari yang diingat untuk proses demokrasi yang semakin matang. Semoga pertemuan yang akan berlangsung akan membuat bangsa ini lebih kuat, lebih maju, adil dan makmur,” kata Pramono di akun Twitternya, Sabtu (07) / 13/2019).

Sosok berikutnya dari kamp Jokowi adalah Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Jenderal (Purn) Budi Gunawan alias BG. Sosok BG hanya terungkap kali ini dan tampaknya memiliki andil dalam pertemuan Jokowi dan Prabowo. Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kelautan Luhut Binsar Pandjaitan sebelumnya dinyatakan sebagai ‘utusan’ Jokowi untuk Prabowo.

BG juga dekat Prabowo sampai dia mengantarnya pulang dari Sudirman fX. BG dianggap berhasil dalam menjalankan tugas ‘sunyi’ ini.

“Pak Budi Gunawan adalah Kepala BIN. Tentu saja dia bekerja tanpa suara. Dan alhamdulillah, apa yang dilakukan hari ini tercapai,” kata Pramono ketika ditanya tentang peran BG di balik pertemuan Jokowi dan Prabowo.

Bagaimana dengan kamp Prabowo? Mantan Kopassus Danjen memiliki sosok Majelis Umum Gerindra Edhy Prabowo.

Ini bukan pertama kalinya Edhy memainkan peran penting dalam menyatukan Prabowo dan Jokowi. Dalam laporan AFP, Edhy dipanggil untuk berperan dalam pertemuan Jokowi-Prabowo di Jl Kertanegara pada 17 Oktober 2014.

Sekarang, Edhy telah berhasil berperan dalam pertemuan Jokowi dan Prabowo. Adalah Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang mengungkapkan sosoknya.

“Ada Pak Pramono, ada Pak BG, Pak Edhy Prabowo. Semuanya orang baik. Mereka memang teman,” kata Budi Karya.

Team Detik Akurat

Baca Juga

PA 212: Kami Tak Lagi Bersama Prabowo

Emak-emak Demo Tolak Rekonsiliasi di Depan Kediaman Prabowo

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in NEWS