Connect with us

TEKNOLOGI

Ini Bahayanya Ubah Video YouTube ke MP3

Detik Akurat – Apakah Anda sering mengonversi video YouTube ke MP3 menggunakan situs konverter? Hati-hati karena iklan yang ditampilkan di situs ditemukan mengandung ransomware.

Praktek ini biasanya disebut malvertising. Praktik ini biasanya digunakan oleh peretas dan penipu untuk menjangkau lebih banyak khalayak, terutama pengunjung dari layanan dan domain asli.

Kode atau tautan berbahaya biasanya tertanam dalam iklan yang kemudian ditampilkan kepada pengunjung situs konversi. Jika mereka mengklik iklan, mereka dapat diarahkan ke situs palsu atau mendapatkan muatan berbahaya.

Malvertising masih banyak ditemukan, salah satunya ada di situs YouTube video to MP3 converter. Peneliti dari Malwarebytes, Jérôme Segura mengatakan malware ini menyebar melalui server yang digunakan untuk menyebarkan iklan termasuk situs onlinevideoconverter.com.

Jika Anda mencari kata kunci “youtube mp3” di Google, situs ini akan berada di hasil pencarian teratas. Situs untuk mengunduh video YouTube ke MP3 memang populer, dengan lebih dari 200 juta pengguna setiap bulan.

Cara kerja malware ini adalah bahwa pengunjung situs akan diarahkan ke “exploit kit”. Kode berbahaya disembunyikan dalam gambar GIF palsu yang berisi JavaScript dikaburkan. Skrip ini ditautkan ke situs fastimage yang mengirimkan payload berbahaya melalui transfer lain ke situs adfast.

Malware ini dibawa oleh objek Flash dan dijalankan melalui PowerShell. Jika berhasil, kit exploit akan mengeluarkan Seon ransomware yang pertama kali ditemukan pada akhir 2018.

Ransomware ini kemudian mengenkripsi semua file pada sistem dan meminta tebusan dalam bentuk bitcoin, dan menghapus salinan Volume Shadow pada disk untuk mencegah pemulihan data.

Tapi, eksploitasi itu tidak berhenti di situ. Ketika korban berpikir untuk membayar uang tebusan atau tidak, muatan berbahaya ini juga akan menginfeksi komputer dengan memasang penambang cryptocurrency dan pencuri data bernama Pony.

Berdasarkan penyelidikan sebelumnya, distribusi kit eksploitasi ini masih terbatas di Korea Selatan. Tetapi, Malwarebytes mengatakan aktivitas terbaru mereka telah terdeteksi di Amerika Serikat dan Eropa.

Jadi, berhati-hatilah jika Anda ingin mengunduh video YouTube ke MP3 menggunakan situs konverter online!

Baca Juga:

Apa Tujuan Apple Gaet Engineer ARM?
Ini Sejumlah Fitur Baru iOS 13

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in TEKNOLOGI