Connect with us

TEKNOLOGI

Ribuan Aplikasi Berbahaya Ditendang Dari Google Play Store

Detik Akurat – Sebuah studi dua tahun yang dilakukan oleh University of Sydney dan Data61 of CSIRO menemukan 2.040 aplikasi di Google Play Store berbahaya. Anehnya beberapa dari mereka cukup terkenal.

Para peneliti memonitor 1 juta aplikasi di Play Store. Mereka menemukan banyak aplikasi palsu. Meskipun tidak mengandung malware, aplikasi meminta izin untuk mengakses data yang tidak terkait dengan bisnis mereka. Dua contoh adalah Hill Climb Racing dan Temple Run.

Dalam memproses begitu banyak aplikasi, para peneliti menggunakan jaringan pembelajaran mesin dan neural. Algoritma diatur untuk mencari deskripsi teks dan ikon yang sama yang secara visual mirip dengan 10.000 aplikasi populer. Hasilnya adalah 49.608 aplikasi yang menyimpan potensi ancaman.

Para peneliti juga menggunakan VirusTotal, 7.246 aplikasi ditandai sebagai berbahaya. Sebanyak 2.040 di antaranya palsu dan memiliki risiko tinggi.

Selain itu, 1.565 di antaranya memiliki lima izin sensitif. Dan 1.407 aplikasi menyematkan pustaka iklan pihak ketiga.

Temuan ini telah dilaporkan ke Google dan aplikasi yang dianggap berbahaya segera ditendang dari Play Store. Tim Google juga mengatakan bahwa saat ini jumlah aplikasi yang ditolak masuk ke Play Store meningkat 55% dari tahun lalu. Sementara aplikasi yang ditangguhkan mencapai 66%.

Baca Juga:

Google Bakal Hentikan Produksi Tablet
Pengguna Medsos Asia Pasifik Cenderung Bagikan Data Pribadi

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in TEKNOLOGI