Connect with us

KESEHATAN

Bawang Putih Bisa Tunda Pikun

Detik Akurat – Kemampuan kognitif meliputi memori atau daya ingat. Seiring bertambahnya usia, beberapa orang mengalami penurunan daya ingat atau bahkan menjadi pikun. Untuk mencegah hal ini, para ahli merekomendasikan untuk mengonsumsi bawang putih.

Dalam penelitian terbaru dari Universitas Louiseville, Kentucky, Amerika Serikat, peneliti menemukan bahwa konsumsi bawang putih dapat mengubah bakteri usus yang terkait dengan masalah memori dan usia.

Para peneliti melibatkan tikus berusia dua tahun. Usia ini sama dengan usia biologis manusia antara 56-69 tahun. Para peneliti memberikan allyl sulfide – komponen dalam bawang putih – pada tikus.

Kelompok tikus dibagi antara tikus yang berusia dua tahun dan empat bulan lebih muda. Namun, kelompok tikus pembanding tidak diberi asupan komponen allyl sulfide.

Dari penelitian, para peneliti menemukan tikus yang mengonsumsi allyl sulfide memiliki ingatan yang lebih baik dan bakteri usus yang lebih sehat daripada tikus seusia mereka. Tikus yang lebih tua menunjukkan kemampuan memori jangka panjang dan pendek yang lebih baik.

“Temuan kami menemukan bahwa asupan bawang putih yang mengandung allyl sulfide bisa membantu meningkatkan kesehatan mikroorganisme usus dan meningkatkan kesehatan kognitif pada lansia,” kata Jyotirmaya Behera, salah satu peneliti dalam studi, dikutip dari Foodbeast.

Neetu Tyagi, yang masuk tim peneliti, menjelaskan bahwa mikroorganisme usus menurun seiring bertambahnya usia, terutama ketika penyakit Alzheimer dan Parkinson muncul.

“Kami ingin pemahaman yang lebih baik bagaimana perubahan mikroorganisme usus berhubungan dengan penurunan kemampuan kognitif,” kata Tyagi mengutip Delish.

Temuan ini menjadi pemicu bagi para peneliti untuk melakukan studi lebih lanjut. Penelitian ini diharapkan dapat membantu mereka memahami hubungan antara bakteri usus dan penurunan kemampuan kognitif, terutama yang berkaitan dengan fungsi bawang putih sebagai terapi untuk lansia di masa depan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in KESEHATAN