Connect with us

SPORT

Perbasi Harus Bikin Prioritas Untuk Hadapi SEA Games dan Kualifikasi FIBA Asia

Detik Akurat – Pelatih tim nasional bola basket putra, Wahyu Widayat Jati, meminta agar PP Perbasi segera membuat prioritas terhadap dua turnamen penting pada bulan November. Sebab, sejauh ini, hanya satu tim yang telah dibentuk.

SEA Games Filipina berlangsung 30 November hingga 11 Desember 2019. Pada saat yang sama, FIBA ​​memegang Kualifikasi FIBA ​​Asia 2021, yang dimulai 25 November hingga 3 Desember. Indonesia berada di Grup A bersama dengan Filipina, Thailand dan Korea Selatan.

Indonesia keberatan dengan jadwal dan mengajukan agar jadwal ditunda melalui surat kepada FIBA. Tapi, Perbasi mau tidak mau harus juga menyiapkan Tim Nasional Basket II jika permintaannya tidak dikabulkan.

“Saya sih tak tahu ya, karena tugas saya sampai hari ini masih SK (Surat Keputusan) SEA Games. Kalau ternyata, istilahnya, untuk kualifikasi FIBA Asia tim ini dipakai, ya tinggal duduk bareng lagi, mana nih yang paling diprioritaskan,” kata Wahyu saat ditemui di GOR Soemantri Brodjonegoro, Kuningan, Selasa (18/6/2019).

Pelatih yang akrab dipanggil Cacing ini juga tidak bisa berspekulasi tentang Tim Nasional II sehingga akan memunculkan nama pelatih lain. Terlebih lagi, wacana muncul bahwa BTN akan merekrut mantan pelatih CLS Knights Indonesia Brian Rowsom untuk menangani Tim Nasional II yang diproyeksikan ke Kualifikasi FIBA ​​Asia. Tapi, kemudian Brian justru datang dengan berita bahwa dia telah merapat tim Jepang, San-en Neophoenix di B-League.

“Ya, semua tergantung kebijakan dari PB Perbasi. Karena memang ada sempat wacana untuk menggunakan pelatih asing. Tapi yang jelas SK saya fokus di SEA Games,” ujar dia.

“Begitu soal pemain sebenarnya tinggal dikumpulkan saja dan latihan bersama. Kita latihan bareng biar mereka sepaham dengan satu cara bermain. itu yang kami coba. Tapi balik lagi siapapun pelatihnya serahkan ke Perbasi dan BTN. Jika coaching stafnya mau siapa tak masalah. Ini masalah job desk saja,” dia mempertegas.

DETIK AKURAT

Baca Juga:

Michel Platini Ditangkap Terkait Kasus Dugaan Korupsi Piala Dunia 2022
Dovizioso Mengkritik Lorenzo: Dia Tidak Berpikir Jernih

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in SPORT