Connect with us

TEKNOLOGI

Telkomsel Kembangkan 5G di Indonesia

Detik Akurat – Setelah pengujian di acara Asian Games 2018, Telkomsel tidak berhenti mengembangkan jaringan 5G di Indonesia.

Menurut Direktur Jaringan Telkomsel Iskriono Windiarjanto, upaya ini merupakan bentuk tanggung jawabnya untuk mendukung pengembangan dan implementasi teknologi terbaru di Tanah Air. Namun, proses mengadopsi jaringan 5G tidak bisa cepat karena banyak yang harus disiapkan.

“Di antaranya adalah kesiapan perangkat untuk membangun ekosistem 5G, termasuk alokasi spektrum yang saat ini sedang dikaji lebih lanjut oleh pemerintah. Untuk IoT (Internet of Things) dengan 5G di Indonesia juga masih banyak yang harus dipersiapkan,” ujarnya.

Teknologi 5G membutuhkan alokasi spektrum yang cukup signifikan. Pemerintah harus menyediakan sejumlah 80-100 MHz spektrum secara kontinyu bagi setiap operator di band utama (seperti 3,5 GHz), dan sekitar 1 GHz bagi setiap operator di band millimeter wave (seperti spectrum di atas 24 GHz). 3GPP sebagai organisasi standardisasi industry telekomunikasi Internasional juga sedang mempersiapkan proposal terhadap standardisasi dari 5G NR (New Radio).

“Selanjutnya untuk tahapan komersialisasi 5G, tentunya Telkomsel menunggu izin dari pemerintah untuk membuka spektrumnya. Sedangkan kesiapan dalam hal kerjasama, kami belum menunjuk mitra jaringan untuk penggelaran 5G nasional,” lanjut Iskriono.

Sebagai informasi, Telkomsel adalah operator pertama yang menguji jaringan 5G di Indonesia. Mereka telah membuka Pengalaman 5G di Kompleks Olahraga Bung Karno, selama acara Asian Games 2018.

Melalui aktivasi Telkomsel 5G Experience Center, masyarakat Indonesia dapat merasakan implementasi teknologi revolusioner secara langsung, yang pada nantinya dapat secara signifikan meningkatkan produktivitas dan efisiensi. Berbagai perangkat yang diperkenalkan oleh Telkomsel termasuk Live Streaming, Football 2020, Future Driving, Cycling Everywhere dan Autonomous Bus.

Baca Juga:

Bocoran Waktu Rilis Galaxy Note 10 dan iPhone 11
Skenario Pembatasan WhatsApp Saat Sidang Gugatan Pilpres

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in TEKNOLOGI