Connect with us

KESEHATAN

10 Cara Menghilangkan Bau Mulut dengan Cepat

Detik Akurat – Bau mulut dapat mengganggu aktivitas karena hilangnya kepercayaan diri. Ada beberapa cara cepat yang bisa Anda lakukan, apa itu?

Penyebab bau mulut biasanya disebabkan oleh berbagai masalah kesehatan. Selain masalah kesehatan, bau mulut juga bisa disebabkan oleh kebiasaan merokok, kurang menjaga kebersihan mulut, makanan atau minuman tertentu, dan diet berlebihan.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan bau mulut, diantaranya:

1. Cukup minum air putih

Cara menghilangkan bau mulut dengan cepat bisa dilakukan dengan minum air putih yang cukup. Mulut akan terasa kering dan berbau busuk ketika tubuh kekurangan cairan. Air dapat menjaga mulut tetap lembab dan membilas bakteri yang menyebabkan bau mulut. Anda juga harus selalu minum banyak air setelah makan, ini agar Anda bisa membilas sisa makanan yang tersisa di mulut Anda.

2. Sering Menyikat Gigi

Parasit yang menyebabkan bau di mulut Anda bisa dibersihkan dengan rajin menyikat gigi. Kotoran yang menumpuk di gigi akan mengumpulkan bakteri yang menyebabkan bau mulut. Rajin menggosok gigi setidaknya sekali sehari dan jangan berlebihan.

3. Cuci mulut dengan obat kumur

Anda bisa menggunakan obat kumur untuk menghilangkan bau mulut. Selain menggunakan obat kumur juga bisa menyegarkan nafas dan memberikan perlindungan ekstra untuk membasmi bakteri di dalam mulut. Anda bisa menggunakannya setiap hari untuk mencegah bau mulut.

4. Membersihkan Lidah

Lidah bisa menjadi tempat berkumpulnya bakteri yang menyebabkan bau mulut. Anda dapat membersihkan lidah secara perlahan saat menyikat gigi untuk mencegah munculnya bau mulut.

5. Makan Permen atau Permen Karet

Permen atau permen karet adalah cara cepat untuk menghilangkan bau mulut yang bisa Anda lakukan. Metode ini dapat digunakan ketika Anda berada dalam kondisi genting yang membuat Anda tidak punya waktu untuk membersihkan rongga mulut.

6. Kunyah Buah atau Sayuran

Selain dari permen, Anda dapat mengunyah buah-buahan atau sayuran penghilang bau seperti kulit jeruk, lemon dan peterseli. Mengonsumsi kulit jeruk dan lemon dapat merangsang air liur di mulut. Air liur mampu membantu menghilangkan bau di mulut.

7. Jangan merokok

Cara menghilangkan bau mulut selamanya adalah dengan menghindari merokok. Merokok memiliki banyak efek buruk pada tubuh termasuk dapat merusak gusi dan gigi sehingga dapat menyebabkan bau di mulut.

8. Kurangi atau Hindari Konsumsi Alkohol

Mengonsumsi alkohol adalah salah satu penyebab bau mulut. Alkohol memiliki efek yang tidak baik bagi tubuh. Efek paling ringan dari minum alkohol adalah membuat mulut kering dan berbau.

9. Periksa Kesehatan Gigi

Rajin memeriksakan kesehatan gigi bisa menjadi cara untuk mencegah bau mulut. Gigi dan gusi yang sehat akan mencegah bakteri berkembang di mulut dan membuat mulut tidak berbau.

10. Rajin Membersihkan Gigi Palsu

Gigi palsu bisa menjadi tempat berkumpulnya bakteri. Lepas dan bersihkan gigi palsu secara teratur, agar bakteri tidak berkembang biak di gigi palsu.

Selain metode di atas, perhatikan juga apa yang Anda konsumsi. Hindari makan terlalu banyak makanan berbau. Makan makanan sehat dan makan secara teratur juga dapat membantu menghilangkan bau mulut. Semoga berhasil!

Baca Juga:

Serba-serbi Penyakit Amandel
Bawang Putih Bisa Tunda Pikun

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in KESEHATAN